Thursday, December 13, 2018

RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 2 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 5 REVISI 201

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :  SD Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 2                             :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                    :   Sumber Energi
Pembelajaran                 :  5
Alokasi Waktu                :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.

SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat melalui lagu.
Indikator:
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu Menanam Jagung.
4.3.2 Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai dengan tinggi rendah nada.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.
2.    Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa mampu menyanyikan lagu Menanam jagung dengan tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.
3.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4.    Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi dengan percaya diri.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  SBdP   :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø  IPS      :     Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
10 menit
Inti
§  Siswa diinformasikan bahwa mereka akan menyanyikan lagu Menanam Jagung secara berkelompok yang terdiri atas 5 sampai 6 orang. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa diminta memperhatikan penjelasan dari guru.
§  Setiap kelompok akan tampil secara bergiliran.
§  Siswa melakukan penampilan secara bergiliran. Collaboration
§  Siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
§  Siswa mendiskusikan tentang sumber energi yang digunakan untuk mengeringkan ikan. (Mengekplorasi)
§  Siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi. Mandiri
§  Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa dalam hati Literasi
§  Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (Menanya)
§  Siswa memperhatikan informasi yang diambil dari bacaan. 
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).



Mengetahui
Kepala SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
Kasikan, ....................................
Guru Kelas IV a




Desmirowita, S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001































Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Menyanyikan lagu Menanam  Jagung
§  Mendiskusikan dan mempresentasikan sumber daya alam

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    IPS
Diskusi dan presentasi dinilai dengan rubrik
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan
(1)

Struktur
Presentasi

Presentasi
memuat pembukaan, inti dan penutup serta
dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi
memuat pembukaan atau penutup dan inti
serta dikomunikasikan secara runtut.

Presentasi
hanya memuat inti dan disampaikan dengan runtut.

Presentasi hanya memiliki pembuka atau penutup saja.

Tema

Seluruh gagasan
pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan tema.

Sebagian besar
gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman.

Sebagian kecil
gagasan pokok dan gagasan pendukung sesuai dengan teman.

Gagasan pokok dan gagasan pendukung tidak sesuai tema.

Fakta
Pendukung

Seluruh fakta
tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Sebagian besar
fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Sebagian
kecil fakta tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing disajikan dengan benar.

Fakta
tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsi masing-masing tidak benar.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.


2.  SBdP
Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan anekdot.

No comments:

Post a Comment