Tuesday, January 8, 2019

RPP K 13 SD KELAS 2 TEMA 1 SUB TEMA 4 PEMBELAJARAN ENAM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :  SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas / Semester           :  II (Dua) / 1
Tema                             :  Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :  Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran               :  6
Fokus Pembelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1  menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1  menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana.


PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1  menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
3.1.2  menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
4.1.1  menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di masyarakat dengan benar.
4.1.2  menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di masyarakat dengan benar.
4.1.3  menghubungkan gambar pengamalan sila dengan lambang sila yang sesuai.

Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.3.1  Membuat soal cerita yang memuat penjumlahan dan pengurangan.
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3.1  menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Percaya diri, Teliti

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·         Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana.
·         Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
·         Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
·         Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun , siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di masyarakat dengan benar.
·         Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di masyarakat dengan benar.
·         Dengan diberikan gambar pengamalan sila Pancasila, siswa dapat menghubungkan gambar pengamalan sila dengan lambang sila yang sesuai.
·         Dengan diberikan penyelesaian soal penjumlahan dan pengurangan, siswa dapat membuat soal cerita dengan benar.
·         Dengan diberikan soal cerita, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Menyebutkan kalimat penolakan dalam teks dongeng.
·         Menuliskan kalimat penolakan dalam teks dongeng.
·         Menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat dan sila kelima Pancasila.
·         Menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat dan kelima Pancasila di masyarakat.
·         Membuat soal cerita yang memuat penjumlahan dan pengurangan.
·         Menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan penjumlahan.

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan  : Tematik dan Saintifik
·         Metode         :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·         Teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat
·         Gambar pengamalan sila pada Pancasila
·         Soal cerita berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Mengamati
Siswa mendengarkan dongeng yang dibaca guru tentang kisah jerapah yang sombong.
Siswa membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin diketahui dari cerita tersebut.
Guru membimbing siswa membuat pertanyaan dengan dipandu kata tanya 5 W + 1 H.
Contoh pertanyaan:
-    Apa yang diminta oleh kakek jerapah kepada Jeje?
-    Apakah Jeje menyesali sikapnya yang sombong?
-    Bagaimana Jeje menyesali sikapnya yang sombong?
Siswa saling bertukar pertanyaan dengan temannya dan saling menjawab pertanyaan.
Siswa mencari kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng yang sudah didengarnya. (Kegiatan literasi)
Menulis
Siswa menuliskan kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan keadilan dalam menolong teman.
Siswa menyebutkan memasangkan kalimat yang sesuai dengan sila keempat dan sila kelima Pancasila.
Siswa menuliskan penerapan sila keempat Pancasila yang dilihatnya di lingkungan sekitar.
Siswa menuliskan penerapan sila kelima Pancasila yang dilihatnya di lingkungan sekitar. (Penilaian PPKn KD 3.1 dan 4.1)
Berlatih
Siswa berlatih membuat soal cerita yang penyelesaiannya sudah diketahui.
Teman menyawab soal cerita tersebut berdasarkan operasi bilangan yang terdapat di Buku Siswa. (Penilaian Matematika KD 3.3 dan 4.3)
35 Menit X  30 JP
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1





2





3






2.   Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian : 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh
x 100
Skor maksimal
Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (sangat baik)
66-80
B
B (baik)
51-65
C
C (cukup)
0-50
D
K (kurang)

1)   Bahasa Indonesia
Rubrik Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Kalimat penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
Semua kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru.
Belum ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

2)   Matematika
Melakukan Operasi Pengurangan
Kriteria
Skor
Semua masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
4
Setengah atau lebih masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
3
Kurang dari setengah masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
2
Belum ada masalahan pengurangan yang diselesaikan dengan benar.
1
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.

3)   PPKn
Rubrik Bercerita tentang Penerapan Sila Keempat pada Pancasila
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Kesesuaian isi cerita dengan penerapan sila keempat pada Pancasila
Isi cerita semua sesuai dengan penerapan sila keempat pada Pancasila
Ada sebagian cerita yang belum sesuai dengan sila keempat Pancasila. Diceritakan tanpa bantuan guru.
Ada sebagian cerita yang belum sesuai dengan sila keempat Pancasila. Diceritakan dengan bantuan guru.
Cerita tidak sesuai dengan penerapan sila keempat pada Pancasila.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001

Kasikan, ...............................
Guru Kelas II b



NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-


No comments:

Post a Comment