Thursday, December 13, 2018

RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 2 SUB TEMA 1 PEMBELAJARN 4 REVISI 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :  SD Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 2                             :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                    :  Sumber Energi
Pembelajaran                 :  4
Alokasi Waktu                :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang diamati.
4.2.1 Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
4.2.2 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati teks visual, siswa mampu mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan tepat.
2.    Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan benar.
3.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat dengan percaya diri.
4.    Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡   Menyanyikan lagu Indonesia Pusaka. Nasionalis
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§  Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?) (Menanya)
§  Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya. Collaboration
§  Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya. (mengkomunikasikan)
§  Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah diamatinya. Critical Thinking and Problem Solving
§  Siswa juga menceritakan pengalamannya menggunakan energi listrik. Siswa menyimpulkan apakah sudah melaksanakan hak dan kewajibannya secara seimbang. Literasi

35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius

15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§      Beberapa gambar/foto tentang contoh-contoh sikap energi.
Mengetahui
Kepala SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
Kasikan, ....................................
Guru Kelas IV a




Desmirowita, S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001




































Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Menemukan gagasan pokok dan pendukung • dari teks visual
§  Mendiskusikan pentingnya menghemat listrik

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah


































Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
1.    Bahasa Indonesia. Menuliskan gagasan pokok dari teks visual.
Kriteria
Ya
Tidak

Menuliskan gagasan pokok dari teks visual dengan benar.



Menjelaskan alasan dengan benar.





2.PPkn: Menceritakan pengalaman diri menggunakan.
Kriteria
Ya
Tidak

Menceritakan satu pengalaman menggunakan energi listrik.



Menuliskan hak yang didapat dari menggunakan listrik.



Menilai apakah sudah mendapatkan hak dengan baik.



Menuliskan kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan.



Menilai apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik.



Menuliskan rencana tindak lanjut.




No comments:

Post a Comment