Tuesday, December 18, 2018

KATA PENGANTAR KARYA ILMIAH UJIAN PENYESUAIAN IJAZAH KENAIKAN PANGKAT PNS GURU SD


KATA PENGANTAR

Pertama sekali penulis ucapkan Syukur Alhamdullah kehadirat Allah SWT,  Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan Hidayah-Nya  kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas karya tulis yang dituangkan dalam bentuk laporan dengan judul “Upaya Meningkatkan hasil belajar Matematika dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas V SDN 003 Sukaramai TP. 2018/2019  ” penulis menyadari masih banyak terdapat kekurangan dan kelemahan disana sini dalam penulisan laporan Karya Tulis ini  yang disebabkan keterbatasan yang dimiliki penulis oleh karena itu penulis mengharapkan pembaca berkenan memberikan kritikan dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan dan kesempurnaan laporan Karya Tulis ini pada masa yang akan datang.
Dan tak lupa pula pada kesempatan ini penulis mengucapakan terima kasih banyak  kepada seluruh pihak yang telah memberikan arahan, bimbingan dan motivasi sehingga penulis dapat menyelesaikan dengan tepat  waktu sesuai dengan yang telah ditentukan. Ucapan terima kasih disampaikan kepada :
1.      Bapak Kepala Sekolah dan Rekan Majelis Guru  SDN 003 Sukaramai yang telah mendukung sehingga terlaksananya kegitan ini.
2.      Suami dan anak tercinta yang senantiasa memberi semangat dan bantuan untuk bisa menyelesaikan laporan ini.
3.      Semua pihak yang tidak bisa penulis sebutkan  satu persatu yang selalu memberikan motivasi dan masukan sehingga laporan ini dapat diselesaikan.
Semoga Allah SWT, melimpahkan karunia - Nya kepada kita semua. Amin

  Tapung Hulu,   November 018


Penulis
DAFTAR ISI



                                                                                                                     Halaman
Halaman Judul
Kata Pengantar.............................................................................................        i
Daftar Isi......................................................................................................        ii
Abstrak.........................................................................................................        iii

I.            PENDAHULUAN................................................................................. 1
A.    Latar Belakang ............................................................................. 1
B.    Identifikasi Masalah...................................................................... 1
C.    Pembatasan Masalah...................................................................... 2
D.    Defenisi Istilah.............................................................................. 2

II.         GAMBARAN KEADAAN................................................................... 13
A.    Keadaan Sekarang......................................................................... 13
B.    Gambaran Keadaan Yang Diinginkan........................................... 13

III.          ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH................................. 14
A.    Analisis  Masalah........................................................................... 14
B.    Alternatif Penyelesaian Masalah................................................... 14

IV.          KESIMPULAN DAN SARAN SERTA TINDAK LANJUT............ 16
A.    Kesimpulan.................................................................................... 16
B.    Saran Tindak Lanjut...................................................................... 16
DAFTAR PUSTAKA...........................................................................................      17
LAMPIRAN.........................................................................................................     



ABSTRAK

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS
V SD NEGERI 003 SUKARAMAI TP. 2018/2019 




SUYANTI, S . Pd



           

Pemilihan metode pembelajaran yang kurang tepat dengan materi pembelajaran mengakibatkan rendahnya minat belajar siswa pada bidang study Matematika hal ini berdampak terhadap rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 003 Sukaramai Kecamatan Tapung Hulu Kabupaten Kampar,   merupakan permasalahan yang serius dan harus dicarikan solusinya. Untuk meningkatkan hasil dan minat belajar siswa Sekolah Dasar Negeri 003 Sukaramai  yang terdiri 20 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan metode kooperatif tipe STAD merupakan metode yang tepat untuk mengatasi permasahan tersebut. Model pembelajaran ini juga mengakibatkan peningkatn  aktifitas siswa dan guru. dapat disimpulkan bahwa menerapkan metode kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.


Kata kunci : hasil belajar, Matematika, metode kooperatif tipe STAD.



1 comment: