Wednesday, December 19, 2018

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL BAHASA INGGRIS KELAS V SD SEMESTER 2


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 2 (dua)
Tema                                :     Around the school


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Mendengarkan :
Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas




-   Merespon dengan melakukan tindakan sesuai dengan instruksi secara berterima dalam konteks kelas
-   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal




-   Siswa melakukan tindakan sesuai perintah sederhana yang didengar
-   Siswa menuliskan kalimat sederhana sesuai dengan yang didengar melalui kaset/ guru




Berbicara :
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas







STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang dan memberi barang
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : menge-nalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui dan melarang
-   Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : do you mind … dan shall we …




-   Siswa mengucapkan bagian-bagian sekolah
-   Siswa mengucapkan kegiatan yang sedang berlangsung
-   Siswa memberi petunjuk tentang bagian-bagian sekolah




Membaca :
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas










STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
-   Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskripstif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima 




-   Siswa membaca nyaring kalimat tentang benda sekitar sekolah
-   siswa membaca prase tentang sekolah
-   Menjawab pertanyaan tentang bacaan




Menulis :
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas




-   Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
-   Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana tepat dan berterima seperti : ucapan selamat, ucapan terima kasih dan ucapan simpati














STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   siswa mampu menulis kalimat sederhana tentang bagian-bagian sekolah
-   Siswa mampu melengkapi paragraph tentang sekolah (cloze test)
-   Siswa mampu membuat pesan sederhana tentang apa yang sedang dilakukan di sekolah dan bagian-bagiannya






              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ..............................2017
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

MATA PELAJARAN       :     Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 2 (dua)
Tema                                :     My Friends and I


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Mendengarkan :
Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas




-   Merespon instruksi sangat sederhana dengan melakukan tindakan secara berterima dalam konteks kelas
-   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal




-   Siswa menunjukkan teman dengan ciri-ciri fisik yang didengar, misal : tell, thin, bright
-   Siswa dapat menuliskan kalimat yang mendeskripsikan seseorang sesuai yang didengar




Berbicara :
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas






STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Bercakap-cakap untuk menyergai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang dan memberi barang
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui dan melarang
-   Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : do you mind … dan shall we …




-   Siswa mengucapkan ciri-ciri fisik seseorang
-   Mempraktekkan dialog sederhana tentang seseorang dengan ciri-ciri fisik tertentu
-   Membuat dialog sangat sederhana dengan seseorang










STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Membaca :
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas




-   Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
-  Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskripstif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima 




-   Siswa membaca nyaring kata-kata sifat tentang ciri-ciri fisik seseorang
-   Siswa membaca paragraf sederhana tentang seseorang dengan ciri-ciri fisiknya
-   Siswa membaca intensif mencari informasi




Menulis :
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas




-   Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
-   Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana tepat dan berterima seperti : ucapan selamat, ucapan terima kasih dan ucapan simpati








STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Siswa mampu mengeja kata-kata sifat dan bagian tubuh, misal : fat, thin, head, hair
-   Menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan ciri-ciri fisik seseorang
-   Menuliskan paragraph sederhana tentang seseorang






              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ..............................2017
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD
              



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 2 (dua)
Tema                                :     Sport

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Mendengarkan :
Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas




-   Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam konteks kelas dan sekolah
-   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal




-   Siswa melakukan tindakan sesuai perintah sederhana di dalam kelas
-   Mengidentifikasi jenis-jenis olahraga (football, volley ball, tennis, jogging, dll)




Berbicara :
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas







STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Bercakap-cakap untuk menyertai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang dan memberi barang
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengenalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui dan melarang
-   Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : do you mind … dan shall we …




-   Siswa mampu mengungkapkan tindakan yang sedang berlangsung dengan kalimat sederhana
-   siswa dapat mengucapkan istilah-istilah dalam olahraga dengan pengucapan yang benar
-   Siswa dapat membuat dialog sederhana tentang olahraga kesukaannya, contoh :
-    I like football
-    I don’t like chess
-    She likes tennis






STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Membaca :
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas




-   Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
-   Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskripstif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima 




-   siswa dapat membaca nyaring kata-kata dan frasa yang ditunjukkan dengan ucapan dan tekanan yang benar
-   siswa dapat membaca nyaring kalimat dan paragraf sederhana mengenai istilah dalam olahraga
-   Siswa dapat menjawab pertanyaan bacaan tentang olah raga
-   Siswa dapat mencocokan gambar dengan kalimat flustasi/ paragraf sederhana




Menulis :
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas







STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
-   Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana tepat dan berterima seperti : ucapan selamat, ucapan terima kasih dan ucapan simpati




-   Siswa mampu mengeja kata-kata dan frase tentang istilah dalam olahraga contoh :
-   r-a-c-k-e-t
-   t-e-n-n-i-s
-   b-o-x-e-r
-   Menulis kalimat sederhana tentang jenis olahraga yang sering dilakukan
-   Menulis kalimat sederhana untuk mengucapkan selamat atas kemenangan dalam pertandingan




              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ..............................2017
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD
              



KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

MATA PELAJARAN             :           Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER     :     V (Lima) / 2 (dua)
Tema                                :     Big Family

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Mendengarkan :
Memahami instruksi sederhana dengan tindakan dalam konteks kelas




-   Merespon instruksi sangat sederhana dengan melakukan tindakan secara berterima dalam konteks kelas
-   Merespon instruksi sangat sederhana secara verbal




-   Siswa mampu menunjukkan gambar anggota keluarga sesuai dengan yang didengar
-   Siswa mampu melengkapi dialog sederhana tentang anggota keluarga sesuai dengan yang dibaca guru/ kaset




Berbicara :
Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks kelas








STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Bercakap-cakap untuk menyergai tindakan secara berterima yang melibatkan tindak tutur : memberi contoh melakukan sesuatu, memberi aba-aba dan memberi petunjuk
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, meminta barang dan memberi barang
-   Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi informasi secara berterima yang melibatkan tindak tutur : menge-nalkan diri, mengajak, meminta ijin, memberi ijin, menyetujui, tidak menyetujui dan melarang
-   Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : do you mind … dan shall we …




-   Siswa mampu mengucapkan kata-kata tentang anggota keluarga
-   Siswa mampu mengucapkan kalimat yang menceritakan keluarga contoh : I have two sister, Santo is my brother
-   Siswa mampu mempraktekkan dialog sederhana tentang keluarga sesuai “chart” yang diberikan
-   siswa mampu membuat dialog sederhana sesuai dengan keadaan keluarga masing-masing







STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
Membaca :
Memahami tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas




-   Membaca nyaring dengan melafalkan alphabet dan ucapan yang tepat melibatkan kata, frasa, dan kalimat sangat sederhana
-   Memahami kalimat, pesan tertulis dan teks deskripstif bergambar sangat sederhana secara tepat dan berterima 




-   Siswa dapat membaca nyaring kata-kata tentang anggota keluarga sesuai dengan kartu yang ditunjukkan
-   Siswa dapat membaca kalimat yang menggambarkan beberapa anggota keluarga
-   Siswa dapat membaca parargrap sederhana tentang suatu keluarga
-   Siswa dapat membaca wacana pendek tentang sebuah keluarga




Menulis :
Mengeja dan menyalin tulisan bahasa Inggris sangat sederhana dalam konteks kelas









STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KRITERIA PENENTUAN KKM

KKM
 %
Kompleksitas
(Kesulitan & Kerumitan)
Intake Siswa (Kemampuan)
Daya Dukung
-   Mengeja kalimat sangat sederhana secara tepat dan berterima
-   Menyalin dan menulis kalimat sangat sederhana tepat dan berterima seperti : ucapan selamat, ucapan terima kasih dan ucapan simpati




-   Siswa mampu menyalin kalimat dan menggambarkan anggota keluarga
-   Siswa mampu membuat kalimat yang menggambarkan anggota keluarga Contoh : miss Sinta is my aunt
-   siswa mampu membuat paragraph yang menggambarkan keluarga





              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ..............................2017
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD


No comments:

Post a Comment