Thursday, December 13, 2018

RPP KURIKULUM 2013 KELAS 4 TEMA 2 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 6 REVISI 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun 2016)



Satuan Pendidikan       :  SD Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester            :  IV (Empat) / 1
Tema 2                             :  Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1                    :   Sumber Energi
Pembelajaran                 :  6
Alokasi Waktu                :  1 Hari


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual.

PPKn
1.   Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.   Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.
4.2.3 Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan seharihari.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan tepat.
2.    Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual dengan percaya diri.
3.    Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.    Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.

v   Karakter siswa yang diharapkan :
Ø  Bahasa Indonesia dan PPKn :     Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
¡   Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡   Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
¡   Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentangSelalu Berhemat Energi”.
¡   Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡   Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Nasionalis
10 menit
Inti
§  Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat di dalam buku siswa Literasi
§  Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang terdapat dalam buku siswa. (Mengamati)
§  Siswa membuat gambar sesuai instruksi. Mandiri
§  Siswa menukarkan gambar yang mereka buat dengan teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain menceritakan tentang isi gambar yang dibuatnya. (Mengeskplorasi)
§  Siswa membaca teks tentang minyak bumi. Literasi
§  Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Menanya)
§  Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration
§  Setelah melakukan kegiatan, siswa mendiskusikan pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok. (Mengkomunikasikan)
§  Siswa menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok. Gotong Royong
35 Menit X  30 JP
Penutup
¡   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡   Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡   Melakukan penilaian hasil belajar
¡   Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
15 menit

E.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
§  Buku Pedoman Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§  Buku Siswa Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).


Mengetahui
Kepala SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
Kasikan, ....................................
Guru Kelas IV a




Desmirowita, S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001





























Lampiran 1
F.      MATERI PEMBELAJARAN
§  Mengomunikasikan pentingnya menjalankan hak dan kewajiban
§  Menemukan gagasan pokok dari teks visual

G.     METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Minyak Bumi adalah merupakan sumber energi yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.

Minyak bumi adalah merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat penggunaan minyak bumi. Minyak bumi adalah merupakan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang lama, bisa mencapai jutaan tahun.

Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah. Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.





















Lampiran 2
H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian Sikap
No
Nama
Perubanan tingkah laku
Santun
Peduli
Tanggung Jawab
K
C
B
SB
K
C
B
SB
K
C
B
SB
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
...................












2
...................












3
……………..












4
……………..












5
……………..












Dst
……………..












Keterangan:
K (Kurang) : 1,  C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4

1.    Bahasa Indonesia

Diagram gagasan pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan
(1)

Gagasan
Pokok

Seluruh gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian besar gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian kecil
gagasan pokok ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Seluruh gagasan pokok tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Gagasan
Pendukung

Seluruh gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Sebagian besar gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap
paragraf.

Sebagian kecil
gagasan pendukung ditulis dengan tepat untuk setiap
paragraf.

Seluruh gagasan pendukung tidak ditulis dengan tepat untuk setiap paragraf.

Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.


2.  PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot



Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan guru.
Remedial
Siswa yang belum mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf dengan arahan dari guru.


No comments:

Post a Comment