Wednesday, August 8, 2018

RPP KELAS 1 TEMA 1 HIDUP RUKUN EDISI REVISI 2017 PERTEMUAN 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :  SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas / Semester           :  II (Dua) / 1
Tema                             :  Hidup Rukun
Sub Tema 1                   :  Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran               :  1
Fokus Pembelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1  menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1  mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.


Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret serta cara membacanya
3.1.1  menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
4.1.1  membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak
3.2.1  membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anakanak
4.2.1  menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Percaya Diri, Teliti

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
·         Dengan diberikan teks percakapan tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999 dengan benar.
·         Dengan diberikan kumpulan kubus lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
·         Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
·         Dengan diberikan lagu anak, siswa dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.


D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
·         Menirukan ungkapan pada teks percakapan.
·         Menyatakan lambang bilangan tiga angka dengan menggunakan gambar.
·         Membaca bilangan tiga angka sampai 999
·         Membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak.
·         Menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak.

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan  : Tematik dan Saintifik
·         Metode         :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·         Buku referensi lain yang menunjang
·         Gambar kerukunan keluarga di rumah
·         Teks lagu “Peramah dan Sopan”

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Guru membuka pembelajaran dengan mengemukakan tema yang akan digunakan pada pembelajaran. Tema yang digunakan adalah Hidup Rukun. (Kegiatan literasi)
Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing motivasi siswa dengan bertanya jawab dengan siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat di bawah gambar utama dapat digunakan sebagai bahan untuk bertanya jawab dengan siswa. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat terjaga di rumah, tempat bermain, sekolah, dan masyarakat?
Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga terjadi suasana diskusi yang hidup.
Pertanyaaan besar tersebut akan dijawab dengan kegiatan pembelajaran menggunakan Tema Hidup Rukun.

Pengantar Subtema
Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk pembelajaran , yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah dipetakan dalam subtema. (Kegiatan literasi)
Siswa mengamati gambar yang ada pada Buku Siswa. Kemudian, guru bertanya jawab dengan siswa mengenai kerukunan di rumah.
Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada di Buku Siswa pada selembar kertas. Hal itu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami arti pentingnya hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa dan berani mengemukakan pendapatnya.
Kertas jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian, siswa membaca jawaban temannya. Siswa dan guru menanggapi jawaban tersebut.
Setelah selesai menjawab pertanyaan yang ada di Buku Siswa, guru mengajak siswa untuk memulai langkah-langkah Pembelajaran 1.
Mengamati
Siswa menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. (Kegiatan literasi)
Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan. Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan ungkapan. Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah hati.
Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan yang terdapat pada teks.
Siswa menyebutkan ungkapan dan arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
Berlatih
Siswa membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat tersebut.
Siswa bersama dengan teman di sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku. Siswa diberi keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah dibacanya.
Bermain Peran
Siswa memperagakan percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya.
Guru dapat mengamati kemampuan siswa dalam menyebutkan ungkapan.  (Rubrik Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam melakukan percakapan dengan temannya.
Berlatih
Siswa mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa. Guru mengajak siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya ratusan.
Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati pengelompokan buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian lain. Dengan cara seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5 puluhan sama dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.
Mengamati
Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan kelompok 100 kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus, 8 delapan kubus.
Siswa mendengarkan penjelasan guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku Siswa.
Berlatih
Siswa berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.
Siswa membaca bilangan cacah sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil pengamatan sikap dituliskan di dalam jurnal.
Bernyanyi
Siswa menyimak guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek.
Berlatih
Siswa bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersamasama dengan guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek bunyi. Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya. (Mandiri : kerja keras, kreatif, rajin belajar)
Guru mengamati kemampuan siswa dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri.
35 Menit x  30 JP
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

PEMBELAJARAN PENGAYAAN
  Guru memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat dalam teks hidup rukun.
  Guru memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.
  Guru memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.


PEMBELAJARAN REMEDIAL
  Guru membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancar karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
  Guru membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu menggunakan simbol.
  Guru membahas kembali materi tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai 999.

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1





2





3






2.   Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian : 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh
x 100
Skor maksimal
Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (sangat baik)
66-80
B
B (baik)
51-65
C
C (cukup)
0-50
D
K (kurang)

1)   Bahasa Indonesia
Rubrik Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam teks (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Pengetahuan: (KD 3.1) ketepatan menyebutkan ungkapan di dalam teks
Semua ungkapan di dalam teks disebutkan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah disebutkan, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah disebutkan, dengan bantuan guru.
Belum ada ungkapan yang disebutkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
Keterampilan: (KD 4.1) Ketepatan mengucapkan ungkapan di dalam teks
Semua ungkapan di dalam teks diucapkan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah diucapkan, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa ungkapan di dalam teks yang masih salah diucapkan, dengan bantuan guru.
Belum ada ungkapan yang diucapkan dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

2)   Matematika
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Pengetahuan: (KD 3.1) Ketepatan menyatakan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan
Semua bilangan dinyatakan dengan benar.
Ada satu bilangan yang dinyatakan masih salah.
Ada dua bilangan yang dinyatakan masih salah.
Ada tiga atau lebih bilangan yang dinyatakan masih salah.
Keterampilan: (KD 4.1) Ketepatan membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan
Semua bilangan dibaca dengan benar.
Ada beberapa bilangan yang masih salah dibaca, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa bilangan yang masih salah dibaca, dengan bantuan guru.
Belum ada bilangan yang dibaca dengan benar, meskipun dibantu guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.

3)   SBdP
Rubrik Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Pengetahuan: (KD 3.2) Ketepatan mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu
Dapat menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek pada lagu, semua benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah diidentifikasi bunyi pendek dan bunyi panjangnya, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa bagian lagu yang masih salah diidentifikasi bunyi pendek dan bunyi panjangnya, dengan bantuan guru.
Belum ada yang benar dalam menentukan bunyi panjang dan bunyi pendek lagu, meskipun dengan bantuan guru.
Keterampilan: (KD 4.2) Ketepatan menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu.
Semua nada dinyanyikan sesuai irama lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang masih salah, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang masih salah, dengan bantuan guru.
Semua nada yang dinyanyikan dengan bunyi panjang dan bunyi pendek masih salah, dengan bantuan guru
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001

Kasikan, ...............................
Guru Kelas II b



NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-


No comments:

Post a Comment