|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat
dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan
keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang
diamati.
4.2.1 Menuliskan gagasan pokok dari teks.
IPA
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.1 Menjelaskan manfaat energi matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
4.5.1 Menuajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi matahari.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/
kabupatensampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakte- ristik
ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyara- kat dari
tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya.
4.1.1 Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam
dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu
mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
2. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan
gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan terperinci.
3. Dengan percobaan, siswa mampu menjelaskan manfaat
energi matahari dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4. Setelah percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi matahari dalam kehidupan dengan
sistematis.
5. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk
tulisan dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa
Ingin Tahu
Cinta
Tanah Air
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa duduk secara berkelompok. Satu kelompok terdiri dari 5 siswa. Collaboration
§ Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa. Literasi
§ Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?) Communication
§ Setiap kelompok mendikusikan pertanyaan berikut.
1. Apa yang diceritakan gambar tersebut?
2. Sebutkan peristiwa pada gambar yang mendukung alasanmu!
§ Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada kelompok sebelahnya. Collaboration
§ Guru akan membahas satu persatu gambar di depan kelas. Guru bisa menunjuk siswa
untuk menyampaikan jawabannya.
§ Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok dari gambar yang telah
diamatinya. Siswa akan menukar jawabannya kepada teman sebelahnya. Mandiri
§ Sebagai pengantar untuk materi pemanfaatan matahari, guru membawa satu
jenis tumbuhan dan memperlihatkan kepada siswa. Minta siswa untuk mengamati
tumbuhan tersebut dengan teliti. Critical Thinking and Problem Solving
§ Siswa juga kemudian diminta untuk mengamati terangnya cuaca di pagi/siang
hari dari kaca jendela kelas. (Mengamati)
§ Siswa kemudian mengamati gambar tentang peran matahari bagi kehidupan di
Bumi. Ingatkan siswa untuk mengamati dengan teliti setiap detail pada gambar
tersebut.
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan gambar. Mandiri
§ Siswa juga diminta untuk mengilustrasikan tentang manfaat lain matahari selain
yang telah tertera pada gambar. Creativity and Innovation
§ Siswa kemudian diminta untuk mengubah gambar mereka kedalam bentuk
tulisan/cerita .
§ Siswa diingatkan kembali tentang manfaat panas matahari yaitu menguapkan
zat cair yang terdapat di Bumi.
§ Siswa digiring untuk dapat berpikir secara luas, dalam, dan kritis untuk
dapat memahami hubungan antara matahari dengan kehidupan di Bumi.
§ Siswa melakukan percobaan untuk membuktikan penguapan zat cair oleh panas
matahari, berdasarkan instruksi yang terdapat di buku. (Mengekplorasi)
§ Saat menunggu proses percobaan, siswa mengerjakan tugas membaca senyap
teks pendek “Kisah Ali si Biji Energi” yang terdapat di buku. Literasi
§ Siswa kemudian menuliskan manfaat matahri bagi kehidupan di Bumi dalam
bentuk peta pikiran. Mandiri
§ Siswa dibebaskan untuk membuat peta pikiran mereka dalam bentuk tulisan
maupun gambar.
§ Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§ Siswa dalam kelompok kemudian melanjutkan pengamatan hasil percobaan
tentang pengaruh panas matahari pada zat cair di Bumi.
§ Siswa menuliskan 4 pengaruh panas matahari pada objek benda berdasarkan
hasil percobaan.
§ Siswa menuliskan proses dan hasil percobaan dalam bentuk laporan.
§ Siswa mengamati gambar jagung bakar yang terdapat di buku.
§ Siswa secara berpasangan dengan teman di sebelah kemudian mendiskusikan
pertanyaan bacaan terkait materi tentang ketersediaan sumber daya alam. Gotong Royong
§ Siswa membaca senyap teks tentang jenis-jenis sumber daya alam.
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks, dan menuliskannya di buku.
§ Siswa secara berpasangan mendiskusikan jawaban mereka. Collaboration
§ Siswa kembali diminta untuk menggambarkan penggunaan salah satu sumber
daya alam yang patut dicontoh. Gambar mereka harus memuat kegiatan ekonomi
yang menggunakan salah satu sumber daya alam dan usaha menjaga keberadaannya.
(Mengekplorasi)
§ Siswa saling menyampaikan gambar mereka kepada seorang teman untuk
diberikan masukan. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa kemudian menjelaskan gambar mereka dalam
bentuk tulisan. Literasi
§ Tulisan yang dibuat harus memuat Sumber daya
alam yang dipilih dan yang diperjualbelikan, serta contoh-contoh
kegiatan untuk menjaga kelestariannya.
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013
Rev 2017).
¡ Buku Siswa Tema : Selalu
Berhemat Energi Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Tanaman jagung atau tanaman jenis
lainnya.
§ Kertas, tissue, kain untuk
percobaan IPA.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Melakukan percobaan
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung dari teks visual
§ Mendiskusikan pentingnya memanfaatkan sumber daya alam
secara bijak
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Matahari sumber kehidupan di Bumi
Matahari sebagai sumber energi terbesar memancarkan panas
dan cahayanya ke Bumi. Cahaya matahari menerangi Bumi sehingga kita dapat
melihat semua mahluk hidup dan benda disiang hari. Panas matahari mengakibatkan
adanya kehidupan di Bumi.
Berikut
beberapa peran matahari bagi kehidupan di Bumi:
§ Seiring
dengan perputaran Bumi pada porosnya, matahari membuat terjadinya siang dan
malam.
§ Seiring
dengan kemiringan posisi Bumi saat melakukan revolusi, matahari mengakibatkan
terjadinya 4 musim di belahan Bumi utara dan selatan.
§ Berperan
pada siklus/perputaran air, hingga terjadi perubahan cuaca: mendung, panas, dan
hujan.
§ Berperan
pada proses terjadinya awan hingga terjadinya hujan yang membasahi daratan
hingga semua tumbuhan di darat dapat bertahan hidup. Air hujan yang tersimpan
di tanah juga dimanfaatkan hewan dan manusia untuk keberlangsungan hidupnya.
§ Berperan
pada proses fotosintesis sehingga semua tumbuhan baik di darat dan di laut
dapat hidup, berkembang, dan membuat cadangan makanan untuk dikonsumsi hewan
dan manusia. Panas matahari mengakibatkan perbedaan suhu udara yang memicu
terjadinya angin. Tiupan angin kemudian juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber
energi.
§ Panas
matahari mengakibatkan air laut menguap, peristiwa ini dimanfaatkan pada proses
pembuatan garam.
§ Cahaya
dan panas matahari digunakan sebagai sumber energi pada panel surya, yang
mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik.
§ Cahaya
matahari di pagi hari juga membantu proses terjadinya vitamin D yang berguna
bagi pertumbuhan tulang pada anak-anak.
Begitu
banyak peran matahari bagi kehidupan. Tanpa matahari maka tidak akan terjadi
kehidupan di Bumi.
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. Bahasa Indonesia
Teks visual
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampinga
(1)
|
|||||
Mengidentifikasi gambar
|
Mengidentifikasi semua gambar dengan cermat.
ü
|
Mengidentifikasi sebagian besar gambar dengan cermat.
|
Mengidentifikasi sebagian gambar dengan cermat.
|
Mengidentifikasi sebagian kecil gambar dengan cermat.
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total Nilai
Maksimal

20
1. IPA
Peta Pikiran dan Laporan Hasil Percobaan siswa
diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampinga
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total Nilai Maksimal

12
Catatan: penghitungan nilai lihat contoh penilaian
halaman lain
3.IPS
a. Tugas siswa
menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai,
dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampinga
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total Nilai
Maksimal

12
b. Sikap siswa
saat melakukan diskusi pemecahan masalah dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampinga
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total Nilai
Maksimal
Contoh: 7 x 10 = 8,75

Pengayaan
Apabila
memiliki waktu, siswa dapat menggunakan beragam benda lainnya saat melakukan
percobaan IPA, atau mencoba jenis percobaan lain untuk membuktikan proses
penguapan oleh panas matahari.
Remedial
Bagi siswa
yang belum terampil menuangkan instruksi tertulis ke dalam bentuk gambar, dan
sebaliknya, akan diberikan pendampingan oleh guru.
Siswa tersebut
dapat diberikan tugas rumah terkait materi.
No comments:
Post a Comment