|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 5
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten
sampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan
sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten
sampai tingkat provinsi.
4.2.2 Mengomunikasikan karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/
kabupaten sampai tingkat provinsi.
SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang, dan cepat
melalui lagu.
Indikator:
3.3.2 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks
lagu Menanam Jagung.
4.3.2 Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung sesuai
dengan tinggi rendah nada.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa
mampu memahami tempo dan tinggi rendah nada dalam menyanyikan lagu Menanam
Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.
2. Dengan mengamati contoh yang diberikan guru, siswa
mampu menyanyikan lagu Menanam jagung dengan tempo dan tinggi rendah nada dalam
menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan nada dan tempo yang tepat.
3. Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu
menjelaskan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi.
4. Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa mampu
mengomunikasikan karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam untuk
kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/kabupaten sampai tingkat provinsi
dengan percaya diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø SBdP : Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
Ø IPS :
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa Ingin Tahu
Cinta Tanah Air
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diinformasikan bahwa mereka akan menyanyikan
lagu Menanam Jagung secara berkelompok yang terdiri atas 5 sampai 6 orang.
(Mengkomunikasikan)
§ Siswa diminta memperhatikan penjelasan dari guru.
§ Setiap kelompok akan tampil secara bergiliran.
§ Siswa melakukan penampilan secara bergiliran. Collaboration
§ Siswa mengamati gambar yang terdapat dalam buku
siswa. (Mengamati)
§ Siswa mendiskusikan tentang sumber energi yang
digunakan untuk mengeringkan ikan. (Mengekplorasi)
§ Siswa menulis kesimpulan berdasarkan hasil diskusi. Mandiri
§ Siswa membaca teks yang terdapat dalam buku siswa
dalam hati Literasi
§ Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks. (Menanya)
§ Siswa memperhatikan informasi yang diambil dari
bacaan.
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari Integritas
¡
Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡
Melakukan penilaian hasil belajar
¡
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan
keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran
1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Menyanyikan lagu Menanam Jagung
§ Mendiskusikan dan mempresentasikan sumber daya alam
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPS
Diskusi dan
presentasi dinilai dengan rubrik
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. SBdP
Proses pembelajaran menyanyi dinilai dengan catatan
anekdot.
No comments:
Post a Comment