RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas / Semester
: II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 1 : Hidup Rukun di Rumah
Pembelajaran : 1
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia,
Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita tersebut
dengan tepat.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 mengucapkan ungkapan yang terdapat pada teks percakapan tersebut
dengan tepat.
|
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan
menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model
konkret serta cara membacanya
|
3.1.1 menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999
dengan benar.
|
4.1 Membaca dan menyajikan bilangan cacah dan
lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model konkret
|
4.1.1 membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan tepat.
|
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu
anak-anak
|
3.2.1 membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
|
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu
anakanak
|
4.2.1 menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Percaya Diri, Teliti
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan teks cerita
tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat menyebutkan ungkapan
yang terdapat pada teks cerita tersebut dengan tepat.
·
Dengan diberikan teks percakapan
tentang hidup rukun yang mengandung ungkapan, siswa dapat mengucapkan ungkapan
yang terdapat pada teks percakapan tersebut dengan tepat.
·
Dengan diberikan kumpulan kubus
lebih dari 100, siswa dapat menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan
999 dengan benar.
·
Dengan diberikan kumpulan kubus
lebih dari 100, siswa dapat membaca lambang bilangan sampai dengan 999 dengan
tepat.
·
Dengan diberikan lagu anak, siswa
dapat membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
·
Dengan diberikan lagu anak, siswa
dapat menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Menyebutkan ungkapan dan arti
ungkapan dalam teks cerita tentang hidup rukun.
·
Menirukan ungkapan pada teks
percakapan.
·
Menyatakan lambang bilangan tiga
angka dengan menggunakan gambar.
·
Membaca bilangan tiga angka sampai
999
·
Membedakan panjang dan pendek bunyi
pada lagu anak.
·
Menampilkan panjang pendek bunyi
pada lagu anak.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Buku referensi lain yang menunjang
·
Gambar kerukunan keluarga di rumah
·
Teks lagu “Peramah dan Sopan”
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Guru
membuka pembelajaran dengan mengemukakan tema yang akan digunakan
pada pembelajaran. Tema yang digunakan adalah Hidup Rukun. (Kegiatan
literasi)
Siswa mengamati gambar yang terdapat pada Buku Siswa. Guru memancing
motivasi siswa dengan bertanya jawab dengan siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang
terdapat di bawah gambar utama dapat digunakan sebagai bahan untuk bertanya
jawab dengan siswa. (Mandiri : kerja keras, kreatif,
disiplin, rajin belajar)
Pertanyaan besarnya adalah, “Bagaimana agar kerukunan dapat
terjaga di rumah, tempat bermain, sekolah, dan masyarakat?
Guru merespons setiap jawaban siswa sehingga terjadi suasana
diskusi yang hidup.
Pertanyaaan besar tersebut
akan dijawab dengan kegiatan pembelajaran menggunakan Tema Hidup Rukun.
Pengantar Subtema
Guru menyampaikan subtema yang akan digunakan untuk
pembelajaran , yaitu Hidup Rukun di Rumah. Yang perlu diketahui bahwa
kegiatan pembelajaran bertujuan untuk mencapai kompetensi dasar yang sudah dipetakan
dalam subtema. (Kegiatan literasi)
Siswa mengamati gambar yang ada pada Buku Siswa. Kemudian,
guru bertanya jawab dengan siswa mengenai kerukunan di rumah.
Siswa menuliskan jawaban pertanyaan yang ada di Buku Siswa pada
selembar kertas. Hal itu untuk mengetahui sejauh mana siswa memahami
arti pentingnya hidup rukun di rumah dan membuat siswa terbiasa dan
berani mengemukakan pendapatnya.
Kertas jawaban itu dikumpulkan, kemudian secara bergantian,
siswa membaca jawaban temannya. Siswa dan guru menanggapi jawaban tersebut.
Setelah selesai menjawab
pertanyaan yang ada di Buku Siswa, guru mengajak siswa untuk memulai
langkah-langkah Pembelajaran 1.
Mengamati
Siswa
menyimak teks cerita pada Buku Siswa yang dibacakan guru. (Kegiatan
literasi)
Siswa memperhatikan ungkapan yang ada pada teks bacaan.
Ketika guru membaca teks, hendaknya guru memberi penekanan pada kalimat yang menggunakan
ungkapan. Contoh ungkapan pada teks tersebut adalah buah tangan dan buah
hati.
Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai arti ungkapan
yang terdapat pada teks.
Siswa menyebutkan ungkapan dan
arti ungkapan yang terdapat pada teks cerita.
Berlatih
Siswa
membaca kalimat yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menyebutkan ungkapan yang terdapat pada kalimat
tersebut.
Siswa bersama dengan teman di
sebelahnya melanjutkan percakapan yang terdapat pada buku. Siswa diberi
keleluasaan untuk menyusun kalimat berdasarkan teks cerita yang sudah
dibacanya.
Bermain Peran
Siswa memperagakan
percakapan yang sudah dibuatnya, bergantian dengan teman sebangkunya.
Guru dapat mengamati kemampuan
siswa dalam menyebutkan ungkapan. (Rubrik
Penilaian 1 untuk KD Bahasa Indonesia 3.1 dan 4.1). Selain pemahaman mengenai
ungkapan, guru juga dapat mengamati sikap percaya diri siswa dalam
melakukan percakapan dengan temannya.
Berlatih
Siswa
mengamati gambar rak buku yang ada di Buku Siswa. Guru mengajak
siswa berpikir bagaimana cara yang mudah untuk menghitung buku yang banyaknya
ratusan.
Siswa dimulai pemahamannya dengan mengamati pengelompokan
buku, setiap kelompok banyaknya 10 dan ada 7 buku di bagian lain. Dengan cara
seperti itu, siswa dapat diarahkan untuk menyatakan bahwa 5 puluhan sama
dengan 50 ditambah dengan 7, banyaknya 57 buku.
Mengamati
Kemudian siswa mengamati gambar kelompok 10 kubus dan
kelompok 100 kubus. Siswa mengamati kelompok 1 ratusan kubus, tiga puluhan kubus,
8 delapan kubus.
Siswa mendengarkan penjelasan
guru cara membaca banyak kubus sesuai dengan gambar yang terdapat pada Buku
Siswa.
Berlatih
Siswa
berlatih menyatakan bilangan cacah menggunakan gambar alat peraga
kubus. Alat peraga yang lain, misalnya kancing baju atau stik es krim dapat
digunakan untuk lebih memahamkan siswa mengenai bilangan tiga angka.
Siswa mengerjakan soal tentang bilangan cacah dengan tiga
angka. Guru dapat menambahkan soal latihan.
Siswa membaca bilangan cacah
sampai 999. Guru mengamati kemampuan siswa dalam membaca bilangan cacah
sampai 999 (Rubrik Penilaian 2). Sikap yang diamati adalah teliti. Hasil
pengamatan
sikap dituliskan di dalam jurnal.
Bernyanyi
Siswa menyimak
guru menyanyikan lagu Peramah dan Sopan. Siswa diminta ikut merasakan kapan
nada lagu dinyanyikan panjang dan kapan dinyanyikan pendek.
Berlatih
Siswa
bersama-sama menyanyikan lagu Peramah dan Sopan bersamasama dengan
guru. Siswa merasakan panjang dan pendeknya nada.
Siswa berlatih menandai bagian-bagian lagu yang dinyanyikan panjang
dan yang dinyanyikan pendek. Siswa dibimbing guru untuk memahami panjang
pendek bunyi. Notasi lagu Peramah dan Sopan untuk menjelaskan panjang pendek
bunyi. Siswa mengamati guru ketika memberikan contoh menyanyikan bagian
panjang pendek lagu yang disesuaikan dengan notasinya. (Mandiri : kerja keras,
kreatif, rajin belajar)
Guru mengamati kemampuan siswa
dalam menyuarakan panjang pendek bunyi (Rubrik Penilaian 3, SBdP KD 3.2 dan
KD 4.2). Sikap yang diamati adalah percaya diri.
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
PEMBELAJARAN
PENGAYAAN
Guru
memberikan tugas untuk menyebutkan ungkapan lain dan artinya yang terdapat
dalam teks hidup rukun.
Guru
memberikan soal-soal yang lebih bervariasi bagi siswa yang telah mampu
menyelesaikan soal latihan tentang pembacaan bilangan cacah dengan tiga angka.
Guru
memberikan latihan lanjutan bagi siswa yang telah mampu menentukan panjang
pendek nada pada lagu menggunakan simbol.
PEMBELAJARAN
REMEDIAL
Guru
membimbing siswa secara rutin bagi siswa yang belum dapat membaca dengan lancar
karena akan berpengaruh pada proses pembelajaran selanjutnya.
Guru
membimbing siswa yang belum mampu menentukan panjang pendek nada pada lagu
menggunakan simbol.
Guru
membahas kembali materi tentang pembacaan dan penyajian lambang bilangan sampai
999.
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi
Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik
Penilaian Mengucapkan Ungkapan di dalam teks (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan: (KD 3.1) ketepatan
menyebutkan ungkapan di dalam teks
|
Semua ungkapan di dalam teks disebutkan
dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa ungkapan di dalam teks
yang masih salah disebutkan, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa ungkapan di dalam teks
yang masih salah disebutkan, dengan bantuan guru.
|
Belum ada ungkapan yang disebutkan
dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
|
Keterampilan: (KD 4.1) Ketepatan
mengucapkan ungkapan di dalam teks
|
Semua ungkapan di dalam teks diucapkan
dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa ungkapan di dalam teks
yang masih salah diucapkan, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa ungkapan di dalam teks
yang masih salah diucapkan, dengan bantuan guru.
|
Belum ada ungkapan yang diucapkan
dengan benar meskipun dengan bantuan guru.
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
2) Matematika
Rubrik
Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan: (KD 3.1) Ketepatan
menyatakan bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan
|
Semua bilangan dinyatakan dengan benar.
|
Ada satu bilangan yang dinyatakan masih
salah.
|
Ada dua bilangan yang dinyatakan masih
salah.
|
Ada tiga atau lebih bilangan yang
dinyatakan masih salah.
|
Keterampilan: (KD 4.1) Ketepatan
membaca bilangan tiga angka, minimal 5 bilangan
|
Semua bilangan dibaca dengan benar.
|
Ada beberapa bilangan yang masih salah
dibaca, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa bilangan yang masih salah
dibaca, dengan bantuan guru.
|
Belum ada bilangan yang dibaca dengan
benar, meskipun dibantu guru.
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
3) SBdP
Rubrik
Penilaian Menampilkan Panjang Pendek Bunyi pada Lagu (KD 3.2 dan 4.2)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Pengetahuan: (KD 3.2) Ketepatan
mengidentifikasi panjang pendek bunyi pada lagu
|
Dapat menentukan bunyi panjang dan
bunyi pendek pada lagu, semua benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa bagian lagu yang masih
salah diidentifikasi bunyi pendek dan bunyi panjangnya, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa bagian lagu yang masih
salah diidentifikasi bunyi pendek dan bunyi panjangnya, dengan bantuan guru.
|
Belum ada yang benar dalam menentukan
bunyi panjang dan bunyi pendek lagu, meskipun dengan bantuan guru.
|
Keterampilan: (KD 4.2) Ketepatan
menampilkan panjang pendek bunyi pada lagu.
|
Semua nada dinyanyikan sesuai irama
lagu dengan memerhatikan panjang pendek bunyi, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang masih salah, tanpa bantuan guru.
|
Ada beberapa nada yang dinyanyikan
dengan bunyi panjang dan bunyi pendek yang masih salah, dengan bantuan guru.
|
Semua nada yang dinyanyikan dengan
bunyi panjang dan bunyi pendek masih salah, dengan bantuan guru
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment