RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas /
Semester : II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 2
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, PJOK
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 menyebutkan kembali kalimat penolakan dalam teks cerita yang disimaknya
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
|
|
2.1 Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda
Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.1 Mengidentifikasi hubungan
antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila.
|
3.1.1 menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila
pertama Pancasila dengan benar.
3.1.2 menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila
kedua Pancasila dengan benar.
|
4.1 Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama Pancasila
di masyarakat dengan benar.
4.1.2 menceritakan pengalaman menerapkan sila kedua Pancasila di
masyarakat.
|
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Memahami variasi gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
3.1.1 menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai
dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
|
4.1 Mempraktikkan variasi gerak
dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1 mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Disiplin, Santun
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan teks cerita hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan
isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
melalui kegiatan menyimak dengan benar.
·
Dengan diberikan teks cerita hidup
rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kembali kalimat penolakan dalam
teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa
yang santun.
·
Dengan diberikan teks cerita
tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang
sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
·
Dengan diberikan teks cerita
tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang
sesuai dengan sila kedua Pancasila dengan benar.
·
Dengan diberikan teks cerita hidup
rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan
sila pertama Pancasila di masyarakat dengan benar.
·
Dengan diberikan teks cerita hidup
rukun di masyarakat, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kedua
Pancasila di masyarakat.
·
Dengan diberikan contoh gerakan
melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke
berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh gerakan
melompat oleh guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah
sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan sederhana.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Menyebutkan kalimat yang menunjukkan penolakan pada teks cerita.
·
Menyebutkan kembali kalimat
penolakkan.
·
Menunjukkan perilaku yang sesuai
dengan sila pertama dan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat.
·
Menceritakan pengalaman penerapan
sila pertama dan kedua Pancasial di lingkungan masyarakat.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat
·
Gambar tentang hidup rukun di
masyarakat
·
Lapangan bermain
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|||||
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
|||||
Inti
|
Membaca
Siswa membaca teks percakapan yang ada di Buku Siswa.
Siswa membaca sesuai peran yang ada di dalam teks percakapan
tersebut.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks percakapan yang
sudah dibacanya. (Bahasa Indonesia KD 3.1)
Contoh jawaban:
-
Ya
-
Ya
-
Aku tidak mau ah. Aku kurang
setuju.
-
Aku setuju, Do. Aku juga
setuju jika demikian.
Bercerita
Siswa
menceritakan kembali teks percakapan yang sudah dibacanya.
Siswa mencantumkan bagian penolakan yang terdapat pada
cerita tersebut.
Contoh
cerita:
Membersihkan Got
Udin, Edo, dan Badu melihat got yang kotor. Udin mengusulkan kegiatan
gotong royong membersihkan got. Badu menolak karena tidak mau terkena
kotoran. Edo menolak karena merasa tidak mampu. Akhirnya, mereka mengusulkan
kegiatan gotong royong kepada Pak RT.
Mengamati
Siswa
mengamati gambar percakapan warga yang sedang bergotong royong.
Siswa menyebutkan sikap yang sesuai sila pertama Pancasila
berdasarkan gambar percakapan. Contoh jawaban:
-
Mohon maaf, kami nanti
terlambat mengikuti kerja bakti. Kami akan pergi ke gereja terlebih dahulu.
-
Hari sudah siang, saya pamit
pulang untuk beribadah.
Siswa menyebutkan sikap yang sesuai sila kedua Pancasila
berdasarkan gambar percakapan. Contoh jawaban:
-
Mempersilakan warga yang
terlambat mengikuti kegiatan gotong royong karena harus menjalankan ibadah.
-
Beristirahat dari kegiatan
gotong royong untuk memberi kesempatan warga menjalankan ibadah.
Siswa menuliskan contoh pengamalan sila pertama Pancasila di
lingkungan masyarakat.
Siswa menuliskan contoh
pengamalan sila kedua Pancasila di lingkungan masyarakat. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Bercerita
Siswa
menceritakan pengalaman kegiatan di masyarakat yang sesuai dengan
penerapan sila pertama Pancasila.
Siswa dipancing dengan pertanyaan agar mampu bercerita. Misalnya,
-
Apakah di lingkunganmu pernah
diadakan kegiatan gotong royong warga?
-
Kegiatan apakah itu?
-
Apa yang kamu lakukan untuk membantu
kegiatan tersebut?
Guru mengarahkan siswa agar diperoleh pemahaman mengenai penerapan
sila pertama Pancasila di lingkungan warga.
Guru mengarahkan siswa agar
diperoleh pemahaman mengenai penerapan sila kedua Pancasila di lingkungan
warga. (Penilaian PPKn KD 3.1 dan KD 4.1)
Berlatih
Siswa
mengamati gerakan melompat yang diperagakan oleh
guru.
Guru memperagakan gerakan melompat sesuai yang dicontohkan
guru.
Guru mengamati kemampuan siswa dalam melakukan gerak
melompat.
Guru dapat mengamati pemahaman siswa mengenai gerakan
melompat dengan cara memberi pertanyaan lisan. (Penilaian PJOK KD 3.1)
Siswa diamati kemampuannya dalam mempraktikkan gerakan
melompat dengan pedoman penilaian (rubrik penilaian PJOK KD 4.1).
Siswa melakukan
permainan melompat melalui rintangan.
|
35 Menit X 30 JP
|
|||||
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi
Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik
Memperagakan Kalimat Perintah Berdasarkan Teks Percakapan (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
perintah diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat perintah diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat perintah yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat perintah yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru.
|
Belum
ada kalimat perintah yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah santun.
2) PJOK
Rubrik
Melakukan Gerakan sesuai Instruksi
No.
|
Kriteria
|
Terlihat ()
|
Belum terlihat ()
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi permainan
|
|
|
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam melakukan gerakan.
|
|
|
3
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan pendapatnya setelah melakukan gerakan.
|
|
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah peduli dan sportif
3) PPKn
Rubrik
Bercerita Penerapan Sila pada Pancasila (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Menyebutkan
contoh perilaku sesuai dengan sila pertama pada Pancasila, minimal 3 contoh
|
Semua
contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
|
Dua
contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
|
Satu
contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
|
Belum
bisa menyebutkan contoh penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
|
Kesesuaian
isi cerita dengan penerapan sila pertama pada Pancasila
|
Isi
cerita sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila. Diceritakan tanpa
bantuan guru.
|
Ada
sebagian cerita yang belum sesuai. Diceritakan tanpa bantuan guru.
|
Ada
sebagian cerita yang belum sesuai. Diceritakan dengan bantuan guru.
|
Cerita
tidak sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila.
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment