|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.4 Menunjukkan contoh melaksanakan hak dan
kewajiban secara seimbang.
4.2.4 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak dan
kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui
lagu.
Indikator:
3.2.4 Menyanyikan syair lagu “Menanam Jagung” sesuai
dengan tinggi rendah nada
4.2.4 Menyanyikan lagu “Menanam Jangung” sesuai dengan
tempo (sedang) diiringi ketukan.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah berdiskusi, siswa mampu menunjukkan contoh
melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dengan tepat.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan
masyarakat dengan benar.
3. Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan syair lagu
“Menanam Jagung” sesuai dengan tinggi rendah nada dengan benar.
4. Setelah berlatih, siswa mampu menyanyikan lagu
“Menanam Jagung” sesuai dengan tempo (sedang) diiringi ketukan dan tepuk tangan
dengan percaya diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn dan
SBdP :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyikan
lagu Satu Nusa Satu Bangsa. Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§ Secara individu siswa membaca teks menghemat kertas
yang ada di buku siswa. (Mengamati)
§ Siswa menuliskan sebanyak-banyaknya manfaat dari
kertas. Siswa menuliskan pada tabel yang disiapkan. (Mengumpulkan data)
§ Setiap siswa memegang jawabannya. Siswa mencari
pasangan dengan aba-aba dari guru. Siswa menyampaikan jawabannya teman
pasangannya Collaboration. Siswa menambahkan jawaban dari temannya ke tabel
jika dirasa benar. Siswa bertukar pasangan sebanyak dua kali. (Mengekplorasi)
§ Guru menanyakan: Apa yang terjadi jika tidak ada
kertas? Siswa menjawab dengan menunjuk tangan. Guru menyampaikan pentingnya
kertas dalam kehidupan sehari-hari. (Menanya)
§ Siswa dibagi menjadi kelompok.
Gotong Royong. Setiap kelompok
terdiri dari 5 siswa. Dalam kelompoknya siswa mendiskusikan masalah berikut.
-
Setujukah kamu
dengan penggunaan kertas seperti pada gambar berikut.
-
Mengapa?
§ Siswa mendiskusikan sikap dan alasannya. Collaboration
§ Setiap kelompok mempresentasikan jawabannya di depan
kelas.
§ Guru menguatkan bahwa kertas dibuat dari pohon.
Ketika kita boros kertas sama artinya dengan memicu semakin cepat penebangan
pohon.
§ Siswa menuliskan jawabannya di kertas bekas. Salah
satu
§ perwakilan kelompok akan mempresentasikan jawabannya
kepada kelompok lain. Siswa kelompok yang mendengarkan bisa memberikan saran
dan pendapatnya. Critical Thinking and Problem Solving
§ Guru memberikan penguatan bahwa menghemat kertas
artinya kita melaksanakan hak dan kewajiban dengan seimbang. Guru
menyampaikan sebisa mungkin menggunakan kertas bekas dalam kegiatan
sehari-hari.
§ Siswa akan kembali berlatih lagu “Memanam Jagung”. Communication
§ Guru mencontohkan lagu “Menanam Jagung” dengan
iringan ketukan tempo sedang. Guru mencontohkan dengan ekspresi yang tepat.
(Mengekplorasi)
§ Siswa menyanyikan syair lagu dengan bersama-sama
satu kelas dengan tempo sedang. Guru memberikan aba-aba ketukan dengan tempo
aba-aba sedang. Integritas
§ Siswa dibagi ke dalam kelompok. Siswa berlatih dalam
kelompoknya syair lagu ini dengan tempo sedang, siswa juga memperhatikan
tinggi rendah nada. Siswa berlatih tempo dengan tepuk tangan. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Setiap siswa akan maju menyanyi di depan kelas untuk
penilaian. Guru mengingatkan ekspresi saat bernyanyi harus sesuai dengan
lagu.
§ Setelah semua siswa selesai, siswa meminta pendapat
teman di kelompoknya untuk menilai lagu yang dia telah nyanyikan.
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Mendiskusikan pentingnya menghemat kertas.
§ Menyanyi lagi “Menanam Jagung”.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. PPKn: Cerita pengalaman menggunakan kertas.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menceritakan satu pengalaman menggunakan energi kertas.
|
|
|
Menuliskan hak yang didapat dari menggunakan kertas.
|
|
|
Menilai apakah sudah mendapatkan hak dengan baik.
|
|
|
Menuliskan kewajiban yang sudah atau belum dilaksanakan.
|
|
|
Menilai apakah sudah melaksanakan kewajiban dengan baik.
|
|
|
Menuliskan rencana tindak lanjut.
|
|
|
2. SBdP-menyanyikan lagu Menanam Jagung dengan tempo sedang.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menyanyikan lagu sesuai tinggi renda nada.
|
|
|
Menyanyikan lagu sesuai tempo.
|
|
|
No comments:
Post a Comment