|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat
yang sama dan berbeda.
4.4 Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam
bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.1 Mempraktikkan teks petunjuk yang dibaca.
4.4.1 Menyajikan teks petunjuk untuk membuat kipas.
IPA
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.3 Mengidentifikasi manfaat perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari
4.5.3 Menuajikan laporan hasil .pengamatan tentang
berbagai perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
3.1 Mengidentifikasi karakteristik ruang dan
pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat kota/
kabupatensampai tingkat provinsi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi karakteristik ruang
dan pemanfaatan sumber daya alam untuk kesejahteraan masyarakat dari tingkat
kota/ kabupaten sampai tingkat provinsi.
Indikator :
3.1.1 Mengidentifikasi sumber daya alam dan
pemanfaatannya
4.1.1 Menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam
dan pemanfaatannya dalam bentuk tulisan.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar dan membaca teks petunjuk
tertulis, siswa mampu mempraktikkannya untuk membuat produk (kipas) dengan
langkah yang benar.
2. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks
petunjuk tertulis tentang cara membuat kipas dengan tepat.
3. Dengan pengamatan, siswa mampu mengidentifikasi
manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
4. Setelah pengamatan, siswa mampu menyajikan laporan
hasil pengamatan tentang berbgai perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari dengan sistematis.
5. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
mengidentifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dengan tepat.
6. Dengan diskusi dan pemecahan masalah, siswa mampu
menyajikan hasil identifikasi sumber daya alam dan pemanfaatannya dalam bentuk
tulisan dengan sistematis.
v Karakter siswa yang diharapkan :
|
|
Ø Bahasa Indonesia dan IPA :
|
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
|
Ø IPS :
|
Religius
Jujur
Disiplin
Kreatif
Demokratif
Rasa
Ingin Tahu
Cinta
Tanah Air
|
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa diingatkan kembali materi tentang berbagai
sumber energi pada pembelajaran sebelumnya. (Mengamati)
§ Sebagai kegiatan pembuka, siswa secara berpasangan
dapat diminta untuk menceritakan kembali pemahaman mereka tentang beberapa
jenis sumber energi yang telah dipelajari. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa diminta untuk menuliskan beragam benda
elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik dan seberapa sering
menggunakan benda-benda tersebut. (Mengumpulkan data)
§ Siswa secara berpasangan saling mendiskusikan
jawaban. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa membaca teks singkat yang berisi himbauan
untuk melakukan hemat energi.
§ Siswa membuat kipas kertas berdasarkan teks petunjuk
tulis dan petunjuk gambar/visual yang tersedia. (Mengekplorasi)
§ Siswa saling membandingkan kipas buatan mereka untuk
mengidentifikasi perbedaannya. Critical Thinking and Problem Solving
§ Siswa menuliskan cara pembuatan satu jenis kipas
yang berbeda dengan miliknya.(Mengkomunikasikan)
§ Siswa mengamati gambar beragam aktifitas, dan
mengidentifikasi sumber energi dan perubahan bentuk energi yang terjadi.
(Mengamati)
§ Siswa menuliskan dalam tabel yang tersedia. Mandiri
§ Siswa melakukan percobaan berdasarkan teks petunjuk
yang tersedia. Creativity and Innovation
§ Siswa menganalisis kondisi yang terjadi dan
mengidentifikasi penyebabnya. (Menganalisa)
§ Siswa menuliskan hasil analisis
berdasarkan fakta.
§ Siswa menuliskan laporan
berdasarkan hasil percobaan.
§ Jika percobaan gagal, siswa
mengidentifikasi faktor penyebab dan solusinya, dan menuliskannya.
§ Siswa membaca senyap teks tentang beberapa jenis
tanaman obat sebagai bagian dari sumber daya alam yang dimiliki bangsa
Indonesia. Literasi
§ Siswa menemukan informasi tentang beberapa jenis
sumber daya alam, manfaat, dan tempat pemasarannya. Mandiri
§ Siswa menuliskan informasi dalam tabel yang
tersedia.
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Beragam jenis plastik bekas dan
kertas bekas.
§ Korek api dan lilin.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran
1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§
Melakukan
percobaan
§
Membuat
kipas
§
Mendiskusikan
pentingnya memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
materi
bahasa
indonesia
Cara
membuat kipas kertas :
|
![]() |
ipa
Percobaan Perubahan Energi
Langkah Kegiatan:
Jaga
jarak supaya tidak terbakar.
|
![]() |
IPS

Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K
(Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) :
3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia
Tulisan Laporan siswa dinilai menggunakan rubrik
Beri tanda centang (ü) sesuai pencapaian
siswa.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total Nilai
Maksimal
Contoh:
19 x 10 = 7,9

1. IPA
Laporan Hasil Percobaan Perubahan Bentuk Energi siswa
diperiksa menggunakan rubrik.
Beri tanda centang ü) sesuai pencapaian siswa.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total Nilai
Maksimal

16
3.IPS
a. Tugas siswa
menemukan dan menuliskan informasi tentang karakteristik bentang alam: pantai,
dataran rendah, dan dataran tinggi, dinilai menggunakan rubrik.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|

Total
Nilai Maksimal

20
Pengayaan
Apabila memiliki waktu, siswa dapat menggunakan
beragam benda lainnya saat melakukan percobaan IPA, atau mencoba jenis
percobaan lain untuk membuktikan proses penguapan oleh panas matahari.
Remedial
Bagi siswa yang belum memahami materi perubahan bentuk
energi, akan diberikan pendampingan oleh guru.
No comments:
Post a Comment