|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat
dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan
keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang
diamati.
IPA
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.2 Mengidentifikasi perubahan bentuk energi angin
dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.2 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi
perubahan bentuk energi angin dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi angin menggunakan kosakata baku dan
kalimat efektif dengan sistematis.
3. Dengan membaca teks visual, siswa mampu mengidentifikasi
informasi yang ada dengan cermat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyi lagu Indonesia Raya Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§ Sebagai kegiatan pembuka, Guru memasuki ruang kelas
membawa sebuah kincir kertas/plastik. Communication
§ Guru mengajukan pertanyaan tantangan:
-
Bagaimana cara
membuat kincir ini berputar kencang? Lakukan dengan beberapa cara yang
berbeda! (Menanya)
§ Siswa yang mengacungkan tangan diminta untuk
mempraktikkan cara yang diajukan menggunakan kincir tersebut. Mandiri
§ Siswa kemudian membaca teks singkat tentang kegiatan
yang akan mereka lakukan. Literasi
§ Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi di buku. Siswa
mengamati teks visual dan intruksi yang ada di buku siswa. Guru memotivasis
siswa untuk membaca dengan cermat teks yang ada. Guru meminta siswa untuk
saling menceritakan isi teks kepada temannya. Guru berkeliling dan membuat
catatan bagi siswa yang masih kesulitan memahami gagasan dari teks yang
dibacanya. (Mengekplorasi)
§ Siswa membaca dengan teliti panduan keselamatan
kerja sebelum mulai membuat kincir.
§ Siswa membuat kincir berdasarkan instruksi yang
terdapat di buku, dengan batasan waktu yang ditentukan guru. Mandiri
§ Setelah kincir selesai, ingatkan siswa untuk
bersama-sama merapikan alat- alat serta sisa-sisa bahan. Integritas
§ Siswa melakukan percobaan menggunakan air mengalir
untuk kincir plastik dan menggunakan tiupan angin untuk kincir kertas. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Siswa mendiskusikan perbedaan kecepatan putaran
baling-baling pada kedua jenis kincir tersebut. Siswa juga diharapkan
menemukan perbedaan- perbedaan lainnya. (Mengkomunikasikan)
§ Siswa dapat memasang kincir-kincir mereka di sekitar
sekolah pada tempat dan ketinggian yang berbeda. Siswa kemudian dapat
mengobservasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mengakibatkan kincir
mereka dapat berputar kencang atau sebaliknya. Creativity and Innovation
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman Guru
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev
2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Gelas/botol plastik bekas, kardus
bekas, kalender bekas, gunting, dan alat tulis untuk percobaan IPA.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran
1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Melakukan percobaan
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukungdari teks visual
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
MATERI
IPA
Kincir angin dari Kertas
Alat dan bahan:
o
Lidi/sumpit kayu 

o
Gunting
o
Lem
o
Kertas berbentuk persegi
o
Jarum/pin/paku payung
Langkah-langkah pembuatan:
§ Ambil kertas lalu ikuti instruksi pada gambar
§ Setelah baling-baling kertas siap, tempelkan ke ujung sumpit menggunakan
jarum. Pastikan baling-baling bisa berputar.
Kincir angin dari Plastik
Alat dan bahan:
o
Botol plastik bekas
o
Gabus bekas tutup botol
o
Lidi/sumpit
o
Gunting
Langkah-langkah pembuatan:
• Gunting botol plastik menjadi 4 bentuk persegi untuk
baling-baling
• Buatlah 4 sayatan sepanjang baling-baling plastik,
atur agar jaraknya sama.
• Masukan baling-baling ke dalam setiap sayatan
tersebut.
• pasang sumpit/lidi di bagian tengah gabus
• Kincir siap digunakan
Tambahan:
Potongan bagian dasar botol, buat dua lubang di sisi
kanan dan kiri badan
botol. Masukan dan pasangkan baling-baling plastik ke
dalamnya.

Angin
Sebagai Sumber Energi
Angin
termasuk kedalam sumber energi yang dapat diperbarui, artinya angin selalu
tersedia dan tidak akan habis digunakan.
Angin
terjadi karena peran penting dari energi panas matahari. Saat suatu wilayah
memiliki suhu udara yang sangat panas dan di wilyah lain bersuhu dingin, maka
udara di daerah panas akan naik dan diisi oleh udara dari wilayah bersuhu
dingin, pergerakan udara ini kemudian disebut sebagai angin.
Angin
memiliki banyak peranan dalam kehidupan. Pada proses hujan, angin membuat
awan-awan bergerak ke berbagai wilayah di atas daratan, sehingga banyak wilayah
akan terhindar dari kekeringan.
Angin
membantu suhu udara di musim panas menjadi lebih sejuk. Angin juga sangat
menyenangkan bagi anak-anak. Angin membuat anak-anak dapat bermain layangan,
bermain kincir, atau bermain gelembung sabun yang beterbangan ke berbagai arah
karena tiupannya.
Seiring
dengan perkembangan teknologi, saat ini angin juga dimanfaatkan sebagai sumber
energi listrik.
Kita
patut bersyukur pada Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan matahari dan
angin bagi kehidupan.
No comments:
Post a Comment