|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 2 : Manfaat
Energi
Pembelajaran : 3
Alokasi Waktu : 1
Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.4 Membandingkan teks petunjuk penggunaan dua alat
yang sama dan berbeda.
4.4 Menyajikan teks petunjuk penggunaan alat dalam
bentuk teks tulis dan visual menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Indikator:
3.4.1 Mempraktikkan teks petunjuk yang dbaca.
4.4.1 Menyajikan teks petunjuk tentang menggunakan
listrik yang aman.
IPA
3.5 Memahami berbagai sumber energi, perubahan bentuk
energi, dan sumber energi alternatif (angin, air, matahari, panas bumi, bahan
bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan sehari-hari.
4.5 Menyajikan laporan hasil pengamatan dan
penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi.
Indikator:
3.5.2 Mengidentifikasi manfaat perubahan berbagai
bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari.
4.5.2 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang
perubahan bentuk energi.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan percobaan, siswa mampu mengidentifikasi manfaat
perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2. Dengan percobaan, siswa mampu menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang perubahan bentuk energi dengan sistematis.
3. Dengan mengamati dan membaca teks petunjuk, siswa
mampu mempraktikkan petunjuk yang dibacanya (permainan bola zig zag) dengan
benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menyajikan teks
petunjuk tertulis tentang cara aman menggunakan listrik dengan sistematis.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan IPA :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan
dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar seorang anak yang bermain layangan di dekat tiang
dan kabel listrik. (Mengamati)
•
Siswa
menganalisis kegiatan tersebut, kemudian menuliskan pendapatnya tentang
perilaku tersebut serta dampak negatif yang dapat terjadi. Critical
Thinking and Problem Solving
§ Guru memberikan penguatan tentang bahaya arus listrik.
§ Siswa mengamati gambar rumah dengan setiap bagian ruangannya.
§ Siswa mengidentifikasi beragam benda elektronik yang biasa terdapat dalam
setiap ruangan dan bahaya yang dapat ditimbulkan dari benda tersebut. Creativity and
Innovation
§ Siswa menganalisis cara aman menggunakan benda-benda elektronik tersebut.
§ Siswa menuliskan hasil analisis dan mendiskusikannya bersama guru. Mandiri
§ Siswa membaca senyap teks yang berisi tentang
cara aman menggunakan listrik. Literasi
§ Siswa menuliska teks petunjuk cara aman
menggunakan listrik berdasarkan bacaan dan hasil diskusi. Gotong
Royong
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan
/ rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas
4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Melakukan pengamatan perubahan bentuk energi listrik.
§ Membuat teks petunjuk cara aman menggunakan listrik.
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. IPA
Tulisan hasil analisis siswa
diperiksa menggunakan rubrik.
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Manfaat perubahan bentuk
energy dalam
kehidupan sehari-hari
|
Mengidentifikasi 5 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
|
Mengidentifikasi 3-4 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
|
Menngidentifika si 2 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
|
Mengidentifikasi 1 manfaat perubahan bentuk energi dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
|
Laporan hasil
pengamatan tentang perubahan
|
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan
|
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan
|
Mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan
|
Belum mampu
menyajikan laporan hasil pengamatan
|
bentuk
energi
|
tentang
perubahan bentuk energi dengan tepat
|
tentang
perubahan bentuk energi dengan cukup tepat
|
tentang
perubahan bentuk energi dengan kurang tepat
|
tentang
perubahan bentuk energi dengan tepat
|
Sikap Rasa
Ingin Tahu
|
Tampak
antusias dan
mengajukan banyak ide dan pertanyaan selama kegiatan.
|
Tampak cukup
antusias dan
terkadang mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
|
Tampak kurang
antusias dan
tidak mengajukan ide dan pertanyaan selama kegiatan.
|
Tidak tampak
antusias dan
perlu dimotivasi untuk mengajukan ide dan pertanyaan.
|
Catatan: Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada
contoh di Pembelajaran 1.
2.
Bahasa Indonesia
Teks Petunjuk siswa dinilai
menggunakan rubrik
Kriteria
|
Sangat Baik
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
Pendampingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Teks
petunjuk tertulis dan visual.
|
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik
ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat
|
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik
ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan cukup tepat
|
Mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik
ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan kurang tepat
|
Belum mampu
menerjemahkan teks petunuk Visual tentang cara aman menggunakan listrik
ke dalam bentuk teks petunjuk tertulis dengan tepat
|
Penyajian
teks petunjuk tertulis ke dalam bentuk visual dan sebaliknya.
|
Teks petunjuk
tertulis sesuai dengan teks visual, berurutan dan sistematis
|
Teks petunjuk
tertulis sesuai dengan teks visual, cukup berurutan dan cukup sistematis
|
Teks petunjuk
tertulis cukup sesuai dengan teks visual, namun kurang berurutan dan
kurang sistematis
|
Teks petunjuk
tertulis tidak sesuai dengan teks visual.
|
Kosa Kata
Baku
|
Menggunakan
kosa kata baku dalam semua pertanyaan.
|
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian besar pertanyaan.
|
Menggunakan
kosa kata baku dalam sebagian kecil pertanyaan.
|
Belum mampu
menggunakan kosa kata baku dalam pertanyaan.
|
Kalimat
Efektif
|
Menggunakan
kalimat efektif dalam semua pertanyaan.
|
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian besar pertanyaan.
|
Menggunakan
kalimat efektif dalam sebagian kecil pertanyaan.
|
Belum mampu
menggunakan kalimat efektif dalam semua pertanyaan.
|
Sikap:
Mandiri
|
Tugas
diselesaikan dengan mandiri .
|
Sebagian besar
tugas diselesaikan dengan mandiri.
|
Tugas
diselesaikan dengan motivasi dan bimbingan guru.
|
Belum dapat
menyeselesaikan tugas meski
telah diberikan motivasi dan bimbingan.
|
Catatan: Penilaian (penskoran)
dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
3. Penilaian Sikap
Penilaian Sikap
Sikap
|
Belum
Terlihat
|
Mulai
Terlihat
|
Mulai
Berkembang
|
Membudaya
|
Ket.
|
Teliti
|
|
|
√
|
|
|
Bertanggung
Jawab
|
|
√
|
|
|
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
Kerjasama dengan
Orang Tua :
Melanjutkan daftar
periksa tentang hemat energi di pembelajaran 1.
No comments:
Post a Comment