|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
3.2 Memetakan keterhubungan antargagasan yang didapat
dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.2 Menyajikan hasil penataan informasi sesuai dengan
keterhubungan antar gagasan ke dalam tulisan.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi informasi dari teks visual yang
diamati.
4.2.1 Menuliskan gagasan pokok dari teks visual yang
diamati.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.2 Menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan
kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
4.2.2 Menceritakan pengalaman diri melaksanakan hak
dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu
mengidentifikasi gambar-gambar dari teks visual yang diamati dengan tepat.
2. Setelah mengamati teks visual, siswa mampu menuliskan
gagasan pokok dari teks visual yang diamati dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya
melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan masyarakat
dengan percaya diri.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menceritakan
pengalaman diri melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang dalam kehidupan
masyarakat.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
¡ Menyanyikan
lagu Indonesia Pusaka. Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati teks visual yang ada di buku siswa.
(Mengamati)
§ Guru menanyakan (gambar apa saja yang kamu amati?)
(Menanya)
§ Setiap kelompok akan menyampaikan jawabannya kepada
kelompok sebelahnya. Collaboration
§ Guru akan membahas satu persatu gambar di depan
kelas. Guru bisa menunjuk siswa untuk menyampaikan jawabannya.
(mengkomunikasikan)
§ Secara individu siswa akan menuliskan gagasan pokok
dari gambar yang telah diamatinya. Critical Thinking and
Problem Solving
§ Siswa juga menceritakan pengalamannya menggunakan
energi listrik. Siswa menyimpulkan apakah sudah melaksanakan hak dan
kewajibannya secara seimbang. Literasi
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman
hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
(untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§
Beberapa gambar/foto tentang contoh-contoh
sikap energi.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Menemukan gagasan pokok dan pendukung • dari teks
visual
§ Mendiskusikan pentingnya menghemat listrik
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B
(Baik) : 3, SB (Sangat Baik) : 4
1. Bahasa Indonesia. Menuliskan gagasan pokok dari teks visual.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
Menuliskan gagasan pokok dari teks visual dengan benar.
|
|
|
Menjelaskan alasan dengan benar.
|
|
|
2.PPkn:
Menceritakan pengalaman diri menggunakan.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment