|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 6
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
Bahasa
Indonesia
3.1 Menemutunjukkan gagasan pokok dan gagasan
pendukung yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual.
4.1 Menata informasi yang didapat dari teks
berdasarkan keterhubungan antar gagasan ke dalam kerangka tulis.
Indikator:
3.1.1 Menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks visual.
4.1.1 Menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung
yang diperoleh dari teks visual.
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerja sama melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator:
3.2.1 Menjelaskan hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan seharihari.
4.2.3 Mengomunikasikan pentingnya kerja sama dalam
melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
seharihari.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati gambar dan berdisikusi, siswa mampu
menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual
dengan tepat.
2. Setelah mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu
menyajikan gagasan pokok dan gagasan pendukung yang diperoleh dari teks visual
dengan percaya diri.
3. Setelah membaca teks, siswa mampu menjelaskan hak dan
kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4. Setelah membaca teks dan berdiskusi, siswa mampu
mengomunikasikan. pentingnya kerja sama dalam melaksanakan hak dan kewajiban
sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø Bahasa
Indonesia dan PPKn :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi
kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan
menyimpulkan.
¡ Menyanyikan
lagu Indonesia Raya. Nasionalis
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati gambar dan teks yang terdapat di
dalam buku siswa Literasi
§ Setelah mengamati gambar dan membaca teks, siswa
menjawab pertanyaan dan melaksanakan instruksi yang terdapat dalam buku
siswa. (Mengamati)
§ Siswa membuat gambar sesuai instruksi. Mandiri
§ Siswa menukarkan gambar yang mereka buat dengan
teman yang duduk di sebelah. Siswa meminta teman lain menceritakan tentang
isi gambar yang dibuatnya. (Mengeskplorasi)
§ Siswa membaca teks tentang minyak bumi. Literasi
§ Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku
siswa. (Menanya)
§ Siswa mendiskusikan jawaban secara berkelompok. Collaboration
§ Setelah melakukan kegiatan, siswa mendiskusikan
pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa secara berkelompok.
(Mengkomunikasikan)
§ Siswa menyampaikan hasil diskusi dalam kelompok. Gotong
Royong
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ....................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Mengomunikasikan pentingnya menjalankan hak dan kewajiban
§ Menemukan gagasan pokok dari teks visual
G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Minyak Bumi adalah merupakan sumber energi yang memegang peranan penting
dalam kehidupan sehari-hari. Manusia dapat melakukan berbagai aktivitas dan
rutinitas karena dukungan dari minyak bumi.
Minyak bumi adalah merupakan salah satu sumber energi. Kita sebagai warga
negara mempunyai hak untuk memanfaatkan minyak bumi dalam mendukung aktivitas
sehari-hari. Namun di sisi lain, kita juga mempunyai kewajiban untuk menghemat
penggunaan minyak bumi. Minyak bumi adalah merupakan sumber energi yang tidak
dapat diperbaharui karena proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang
lama, bisa mencapai jutaan tahun.
Permintaan untuk minyak bumi dari tahun ke tahun terus bertambah.
Sebaliknya, ketersediaan minyak bumi dari tahun ke tahun terus mengalami
penurunan. Dengan semakin langkanya persediaan minyak bumi, pemerintah
menghimbau setiap warga negara untuk menggunakan minyak bumi secara bijak.
Lampiran 2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. Bahasa Indonesia
Diagram gagasan
pokok dan gagasan pendukung dinilai dengan rubrik.
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampingan
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
2. PPKn
Dinilai dengan catatan anekdot
Pengayaan
Apabila ada waktu tersisa, siswa bisa berlatih menulis
gagasan pokok dan gagasan pendukung dari teks visual tambahan yang disediakan
guru.
Remedial
Siswa yang belum
mampu menentukan gagasan pokok dan gagasan pendukung dengan baik dapat
diberikan beberapa bahan bacaan yang lebih sederhana dan diminta untuk
menggarisbawahi gagasan pokok paragraf demi paragraf dengan arahan dari guru.
No comments:
Post a Comment