RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas /
Semester : II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 6
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, Matematika
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam
bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan
perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
dengan benar.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dalam bentuk kalimat sederhana.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
|
|
2.1 Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda
Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.1 Mengidentifikasi hubungan
antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila.
|
3.1.1 menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
3.1.2 menunjukkan contoh perilaku di masyarakat
yang sesuai dengan sila kelima Pancasila
dengan benar.
|
4.1 Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 menceritakan pengalaman menerapkan sila keempat Pancasila di masyarakat dengan benar.
4.1.2 menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima Pancasila di masyarakat dengan benar.
4.1.3 menghubungkan gambar pengamalan sila dengan lambang sila yang
sesuai.
|
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.3.1 Membuat soal cerita yang memuat penjumlahan dan pengurangan.
|
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
4.3.1 menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan
benar.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Percaya diri, Teliti
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat, siswa
dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·
Dengan diberikan teks dongeng
tentang hidup rukun, siswa dapat menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana.
·
Dengan diberikan teks dongeng
tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang
sesuai dengan sila keempat Pancasila dengan benar.
·
Dengan diberikan teks dongeng
tentang hidup rukun, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di masyarakat yang
sesuai dengan sila kelima Pancasila dengan benar.
·
Dengan diberikan teks dongeng
tentang hidup rukun , siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila
keempat Pancasila di masyarakat dengan benar.
·
Dengan diberikan teks dongeng
tentang hidup rukun, siswa dapat menceritakan pengalaman menerapkan sila kelima
Pancasila di masyarakat dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar pengamalan
sila Pancasila, siswa dapat menghubungkan gambar pengamalan sila dengan lambang
sila yang sesuai.
·
Dengan diberikan penyelesaian soal
penjumlahan dan pengurangan, siswa dapat membuat soal cerita dengan benar.
·
Dengan diberikan soal cerita, siswa
dapat menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Menyebutkan kalimat penolakan dalam
teks dongeng.
·
Menuliskan kalimat penolakan dalam
teks dongeng.
·
Menunjukkan contoh perilaku di
masyarakat yang sesuai dengan sila keempat dan sila kelima Pancasila.
·
Menceritakan pengalaman menerapkan
sila keempat dan kelima Pancasila di masyarakat.
·
Membuat soal cerita yang memuat penjumlahan
dan pengurangan.
·
Menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan
penjumlahan.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks dongeng tentang hidup rukun di masyarakat
·
Gambar pengamalan sila pada
Pancasila
·
Soal cerita berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
Siswa
mendengarkan dongeng yang dibaca guru tentang kisah jerapah yang
sombong.
Siswa membuat pertanyaan tentang hal-hal yang ingin
diketahui dari cerita tersebut.
Guru membimbing siswa membuat pertanyaan dengan dipandu kata
tanya 5 W + 1 H.
Contoh pertanyaan:
-
Apa yang diminta oleh kakek
jerapah kepada Jeje?
-
Apakah Jeje menyesali sikapnya
yang sombong?
-
Bagaimana Jeje menyesali
sikapnya yang sombong?
Siswa saling bertukar pertanyaan dengan temannya dan saling
menjawab pertanyaan.
Siswa mencari kalimat
penolakan yang terdapat pada dongeng yang sudah didengarnya. (Kegiatan literasi)
Menulis
Siswa
menuliskan kalimat penolakan yang terdapat pada dongeng.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan keadilan dalam
menolong teman.
Siswa menyebutkan memasangkan kalimat yang sesuai dengan
sila keempat dan sila kelima Pancasila.
Siswa menuliskan penerapan sila keempat Pancasila yang
dilihatnya di lingkungan sekitar.
Siswa menuliskan penerapan
sila kelima Pancasila yang dilihatnya di lingkungan sekitar. (Penilaian
PPKn KD 3.1 dan 4.1)
Berlatih
Siswa
berlatih membuat soal cerita yang penyelesaiannya sudah diketahui.
Teman menyawab soal cerita
tersebut berdasarkan operasi bilangan yang terdapat di Buku Siswa. (Penilaian
Matematika KD 3.3 dan 4.3)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan Konversi
Nilai :
Konversi
Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik
Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan
guru.
|
Belum
ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
2) Matematika
Melakukan
Operasi Pengurangan
Kriteria
|
Skor
|
Semua
masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
4
|
Setengah
atau lebih masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
3
|
Kurang
dari setengah masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
2
|
Belum
ada masalahan pengurangan yang diselesaikan dengan benar.
|
1
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
3) PPKn
Rubrik
Bercerita tentang Penerapan Sila Keempat pada Pancasila
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kesesuaian
isi cerita dengan penerapan sila keempat pada Pancasila
|
Isi
cerita semua sesuai dengan penerapan sila keempat pada Pancasila
|
Ada
sebagian cerita yang belum sesuai dengan sila keempat Pancasila. Diceritakan tanpa
bantuan guru.
|
Ada
sebagian cerita yang belum sesuai dengan sila keempat Pancasila. Diceritakan dengan
bantuan guru.
|
Cerita
tidak sesuai dengan penerapan sila keempat pada Pancasila.
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment