Tuesday, January 8, 2019

RPP K13 SD TEMA 1 SUB TEMA 4 PEMBELAJARAN 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :  SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas / Semester           :  II (Dua) / 1
Tema                             :  Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :  Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran               :  3
Fokus Pembelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1  menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1  melatih kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.


Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.3.1  Melakukan penjumlahan dan pengurangan secara berurutan.
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3.1  menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan benar.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya
3.4.1  mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
3.4.2  mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
4.4.1  membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Percaya diri, Teliti

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·         Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat melatih kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
·         Dengan diberikan tiga buah bilangan, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari benda alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Mengidentifikasikan teks bergambar yang menunjukkan penolakan.
·         Menggunakan kalimat penolakan dalam percakapan.
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan secara berurutan.
·         Mengidentifikasi cara membuat hiasan dari bahan alami.

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan  : Tematik dan Saintifik
·         Metode         :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·         Teks atau gambar tentang hidup rukun di masyarakat
·         Kumpulan benda konkret, misalnya kapur tulis
·         Karya hiasan dari bahan alami

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Menulis
Siswa mengamati gambar dan teks percakapan tentang kegiatan gotong royong di lingkungan warga.
Siswa menunjukkan gambar adegan hidup rukun di masyarakat.
Siswa menunjukkan kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menyebutkan kata penolakan yang pernah diucapkan.
Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. Target minimal menyebutkan dan menuliskan 5 kalimat penolakan. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1) Contoh: Tidak, terima kasih. Mohon maaf, saya tidak bisa datang. Mohon maaf, saya tidak setuju. Terima kasih, saya tidak suka makanan pedas. Kesempatan lain ya, sekarang saya tidak bisa ikut.
Bermain Peran
Siswa menulis teks percakapan tentang penolakan terhadap pemberian sesuatu.
Siswa memperagakan teks percakapan tersebut dengan temannya. (Penilaian Bahasa Indonesia, KD 4.1) Contoh teks percakapan: Udin: “Maukah kamu roti ini?” Edo: “Tidak, terima kasih. Saya sudah kenyang.”
Berlatih
Guru memberi pengantar mengenai kegiatan gotong royong yang dilakukan warga. Ibu-ibu di lingkungan warga menyiapkan banyak makanan untuk peserta gotong royong.
Siswa berlatih mengenai permasalahan sehari-hari yang dipecahkan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Ada 95 kue bolu, 120 kue lemper. Dimakan oleh masyarakat sebanyak 158 kue. Sisa kue = 95 + 120 – 158 = 57
Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa. (Penilaian Matematika KD 3.3)
Siswa menyimpulkan jawaban dari soal-soal yang sudah dikerjakan.
-    Apakah ada jawaban yang sama? Ya
-    Apakah urutan penjumlahan dan pengurangan berpengaruh terhadap hasil operasi hitung? Ya
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)

Berkreasi
Siswa membuat karya kreasi dari biji-bijian. Pada pembelajaran 1 siswa sudah menempel biji-bijian pada gambar sederhana. Pada pembelajaran ini, siswa membuat gambar yang lebih lengkap, misalnya bunga dengan batang dan daunnya.
Siswa menyediakan bahan dan alat yang dibutuhkan.
Siswa membuat sketsa.
Siswa menyempurnakan sketsa menjadi gambar utuh.
Siswa menempel biji-bijian pada gambar tersebut sehingga menjadi hiasan yang indah.
Kegiatan dapat dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya.
35 Menit X  30 JP
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1





2





3






2.   Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian : 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh
x 100
Skor maksimal
Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (sangat baik)
66-80
B
B (baik)
51-65
C
C (cukup)
0-50
D
K (kurang)

1)   Bahasa Indonesia
Rubrik Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Kalimat penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
Semua kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru.
Belum ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

2)   SBDP
Rubrik Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Bahan dan alat
Dapat  menentukan semua bahan dan alat dengan benar, tanpa bantuan guru. 
Ada beberapa bahan dan alat yang masih kurang, namun dapat menentukan tanpa bantuan guru.
Ada beberapa bahan dan alat yang masih kurang, walaupun dibantu oleh guru.
Tidak dapat menentukan bahan dan alat yang digunakan dengan benar meskipun dibantu oleh guru.
Komposisi bentuk
Bentuk sangat sesuai dengan pola yang dibuat.
Bentuk sesuai dengan pola yang dibuat.
Bentuk kurang sesuai dengan pola yang dibuat.
Bentuk tidak sesuai dengan pola yang dibuat.
Warna
Warna yang digunakan sangat sesuai dan variatif
Warna yang digunakan sesuai dan variatif.
Warna yang digunakan kurang sesuai dan kurang variatif.
Warna yang digunakan tidak sesuai dan tidak variatif.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah tanggung jawab.

Mengetahui
Kepala Sekolah,



H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001

Kasikan, ...............................
Guru Kelas II b



NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-

No comments:

Post a Comment