Tuesday, January 8, 2019

RPP K 13 KELAS 2 SD TEMA 1 SUB TEMA 4 PEMBELAJARAN 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :  SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas / Semester           :  II (Dua) / 1
Tema                             :  Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :  Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran               :  1
Fokus Pembelajaran    : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1  menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1  menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.


Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
3.3.1  melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
3.3.2  melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
3.3.3  melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
3.3.4  melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
4.3.1  menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat.

SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam dan bahan buatan dalam berkarya
3.4.1  mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
3.4.2  mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
3.4.3  mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
3.4.4  mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
4.4.1  membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Teliti, Percaya Diri

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
·         Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara pendek dengan tepat.
·         Dengan diberikan kumpulan benda konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan.
·         Menuliskan kalimat penolakan
·         Mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat untuk membuat karya hiasan dari bahan alami.
·         Membuat sketsa gambar hiasan dari bahan alami.
·         Melakukan penjumlahan dan pengurangan dua bilangan cacah tiga angka.

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan  : Tematik dan Saintifik
·         Metode         :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·         Teks cerita tentang hidup rukun
·         Gambar tentang hidup rukun
·         Kumpulan benda konkret atau gambar kumpulan benda
·         Gambar hiasan dari bahan alami


G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Pengantar Subtema
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal. Siswa memperoleh pemahaman mengenai hidup rukun di masyarakat. Guru juga dapat membawa gambar lain atau foto-foto yang menggambarkan kegiatan gotong royong warga. (Kegiatan literasi)
Siswa menandai gambar-gambar di Buku Siswa yang menunjukkan kerukunan di masyarakat. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kegiatan seperti itu yang pernah dilihatnya di lingkungan sekitar.
Siswa dipancing untuk bercerita mengenai hal tersebut. Guru membimbing dengan pertanyaan agar siswa mau bercerita.
Mengamati
Siswa mendengarkan guru membaca teks berjudul Membuang Sampah di Tempat Sampah.
Siswa mengamati kalimat yang menunjukkan kalimat ajakan.
Siswa menemukan kalimat ajakan yang terdapat pada teks.
Siswa mengulang kembali kalimat ajakan tersebut.
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa menyebutkan kalimat yang diucapkan Udin ketika menolak ajakan Badu.
Siswa memberi contoh kejadian yang dialami ketika menolak ajakan teman.
Siswa menuliskan kalimat penolakan pada tempat yang tersedia.
Guru mengamati kemampuan siswa dalam menemukan dan menyebutkan kalimat penolakan. (Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1) (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Mengamati
Siswa mengamati gambar percakapan Udin dan Badu.
Siswa mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita.
Siswa menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan urutan cerita.
Mengamati
Siswa mengamati gambar prakarya hasil karya Udin, Edo, dan Siti.
Siswa memasangkan hasil prakarya tersebut dengan bahan dan alat yang sesuai.
Siswa menuliskan bahan dan alat yang digunakan untuk membuat setiap prakarya tersebut.
Berkreasi
Pada subtema ini, siswa akan membuat prakarya dari biji-bijian. Pembuatan prakarya ini akan dilakukan pada Pembelajaran 1, 3, dan 4. Pada Pembelajaran 1 ini siswa diperkenalkan mengenai alat, bahan, dan cara membuat prakarya.
Siswa membuat hiasan dengan biji-bijian.
Siswa menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kreasi.
-    Bahan: lem, biji kacang hijau
-    Alat: kertas karton putih, pensil, penghapus, lem
Siswa mengikuti langkah-langkah kegiatan:
-    membuat sketsa
-    menyempurnakan sketsa
-    menempelkan biji kacang hijau sesuai gambar
Kegiatan ini diawali dengan berlatih menempel biji kacang hijau pada gambar tunggal, misalnya lingkaran atau kotak.
Pada pembelajaran berikut akan dilanjutkan membuat gambar yang lebih lengkap dan biji-bijian yang beraneka ragam. (Penilaian SBdP KD 3.4 dan 4.4)
Berlatih
Guru memberi pengantar mengenai prakarya yang dibuat oleh Udin berasal dari biji-bijian.
Siswa menuliskan bilangan tiga angka yang ditunjukkan oleh gambar kubus satuan.
Siswa berlatih menghitung selisih biji-bijian yang digunakan dengan operasi pengurangan.
Siswa berlatih menentukan jumlah dan selisih bilangan. (Penilaian Matematika KD 3.3)
Siswa mengerjakan latihan yang ada di Buku Siswa. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
35 Menit x  30 JP
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1





2





3






2.   Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian : 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh
x 100
Skor maksimal
Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (sangat baik)
66-80
B
B (baik)
51-65
C
C (cukup)
0-50
D
K (kurang)

1)   Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan kalimat penolakan yang ada di dalam teks.
Kriteria
Skor
Dapat menyebutkan semua kalimat penolakan di dalam teks dengan benar, tanpa bantuan guru.
4
Ada kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, tanpa bantuan guru.
3
Ada kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, dengan bantuan guru.
2
Belum ada kalimat penolakan yang disebutkan dengan benar, dengan bantuan guru.
1

Rubrik Menulis Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Kalimat penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
Semua kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru.
Belum ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

2)   SBdP
Rubrik Unjuk Produk Membuat Karya Hiasan dari Biji-Bijian
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Bahan dan alat
Dapat  menentukan semua bahan dan alat dengan benar, tanpa bantuan guru. 
Ada beberapa bahan dan alat yang masih kurang, namun dapat menentukan tanpa bantuan guru.
Ada beberapa bahan dan alat yang masih kurang, walaupun dibantu oleh guru.
Tidak dapat menentukan bahan dan alat yang digunakan dengan benar meskipun dibantu oleh guru.
Komposisi bentuk
Bentuk sangat sesuai dengan pola yang dibuat.
Bentuk sesuai dengan pola yang dibuat.
Bentuk kurang sesuai dengan pola yang dibuat.
Bentuk tidak sesuai dengan pola yang dibuat.
Warna
Warna yang digunakan sangat sesuai dan variatif
Warna yang digunakan sesuai dan variatif.
Warna yang digunakan kurang sesuai dan kurang variatif.
Warna yang digunakan tidak sesuai dan tidak variatif.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah tanggung jawab.

3)   Matematika
Melakukan Operasi Pengurangan
Kriteria
Skor
Semua masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
4
Setengah atau lebih masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
3
Kurang dari setengah masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
2
Belum ada masalahan pengurangan yang diselesaikan dengan benar.
1
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001

Kasikan, ...............................
Guru Kelas II b



NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-


No comments:

Post a Comment