Monday, January 7, 2019

PROGRAM BAHASA INGGRIS KELAS 6 SEMESTER 1


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
MATA PELAJARAN      :     Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER    :     VI (Enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi     :
1.  Mendengarkan          :     Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
2.  Berbicara                 :     Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
3.  Membaca                 :     Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat  sederhana alam konteks sekitar peserta didik
4.  Menulis                    :     Menulis teks fungsional pendek sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Tema                            :     Fruit

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1 Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar
- Menuliskan nama buah-buahan yang diucapkan guru (dictation) denganejaan yang benar
- Menjawab langsung pertanyaan lisan dari guru
- Menuliskan plural nouns dari singular nous yang disebutkan guru
- Menebak nama buah yang disebutkan guru
- Menjawab pertanyaan guru tentang isi monoque
- Mencocokkan nomor urut dengan deskripsi buah-buahan dari kaset atau yang dijelaskan guru
- Melengkapi monoque yang diseritakan guru dalam bentuk tulisan

8 JP




























2.1. Mengungkapkan kesantunan secara berterima yang melibatkan ungkapan : would you please … dan May I …
- Meminta pertolongan dengan kalimat sederhana
- Memperagakan dialog lisan yang santun
- Membuat kalimat lisan yang santun yang sederhana
- Membuat dialog lisan sangat sederhana






























3.1. Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
- Membaca wacana tentang sayuran dengan intonasi yang sesuai hingga dapat dipahami orang
- Mengungkapkan dengan benar nama-nama makanan dan minuman
- Menjawab pertanyaan dari bacaan baik lisan atau tertulis
- Menyusun paragraph sederhana






























4.1. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
-  Menulis kalimat sangat sederhana tentang kata tunjuk
-  Menulis kembali kalimat benar sesuai yang dikoreksi guru
-  Menemukan gagasan utuh dari kata yang diacak






























Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP





























              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ......................................
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD

.PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MATA PELAJARAN      :     Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER    :     VI (Enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi     :
1.  Mendengarkan          :     Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
2.  Berbicara                 :     Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
3.  Membaca                 :     Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat  sederhana alam konteks sekitar peserta didik
4.  Menulis                    :     Menulis teks fungsional pendek sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Tema                            :     Vegetables

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1. Merespon instruksi sangat sederhana dengan tindakan secara berterima dalam berbagai permainan
- Mengulangi ucapan guru sesuai intonasi yang benar.
- Menebak gambar sesuai yang dideskripsikan
- Menulis jenis sayuran dari ucapan guru
- Menjawab pertanyaan guru secara lisan tentang sayuran
- Mengidenetifikasi jenis sayuran darikaset
- Mengisi kata-kata dari format listening

Vegetables (Pictures)
7 JP




























2.1. Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
- Menjawab pertanyaan lisan tentang sayur-sayuran
- Bergialog sederhana tentang sayuran
- Menjawab pertanyaan guru dengan informasi yang benar
- Membuat kalimat lisan






























3.1. Memahami teks deskripsi bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
- Membaca wacana yang diberikan guru
- Mengucapkan dengan benar nama nama sayuran
- Menjawab pertanyaan dari bacaan
- Menyusun paragraph sederhana






























4.1 Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
- Membuat kalimat tanya sederhana
- Menulis kembali kalimat benar sesuai yang dikoreksi guru

-  Menemukan gagasan utuh dari kata yang diacak






























Uji Kompetensi
2JP




























Remedial
2JP




























Pengayaan
2JP





























              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ......................................
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD

.PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MATA PELAJARAN      :     Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER    :     VI (Enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi     :
1.  Mendengarkan          :     Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
2.  Berbicara                 :     Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
3.  Membaca                 :     Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat  sederhana alam konteks sekitar peserta didik
4.  Menulis                    :     Menulis teks fungsional pendek sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Tema                            :     Food and Drink

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1.1. Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar
Siswa mampu
- Mengulangi ucapan guru sesuai intonasi yang benar.
- Menebak gambar sesuai yang dideskripsikan
- Menulis jenis makanan dari ucapan guru
- Menjawab pertanyaan guru secara lisan tentang makanan dan minuman
- Mengidenetifikasi jenis makaan dan dari kaset
- Mengisi kata-kata dari format listening
Reading (food and drinks)
8 JP




























2.1. Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : mengingatkan, menyatakan suka/tidak suka menanyakan jumlah, menanyakan keadaan, memberi komentar, memberi pendapat dan mengusulkan
- Menyebutkan jenis-jenis makanan dan minuman
- Menjawab pertanyaan lisan dengan informasi yang benar
- Membuat kalimat lisan penggunaan Do/Does






























3.1. Membaca nyaring teks fungsional pendek sangat sederhana dengan ucapan dan intonasi yang tepat dan berterima
- Membaca wacana yang diberikan guru
- Mengucapkan dengan benar nama nama makanan dan minuman
- Menjawab pertanyaan dari bacaan
- Menyusun paragraf sederhana






























4.1. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
- Membuat kalimat tanya sederhana
- Menulis kembali kalimat benar sesuai yang dikoreksi guru
-  Menemukan gagasan utuh dari kata yang diacak































Uji Kompetensi
2 JP




























Remedial
2 JP




























Pengayaan
2 JP





























              
Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ......................................
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD


  .PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MATA PELAJARAN      :     Bahasa Inggris
KELAS / SEMESTER    :     VI (Enam) / 1 (satu)
Standar Kompetensi     :
1.  Mendengarkan          :     Memahami instruksi dan informasi sangat sederhana baik secara tindakan maupun bahasa dalam konteks sekitar peserta didik
2.  Berbicara                 :     Mengungkapkan instruksi dan informasi sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
3.  Membaca                 :     Memahami teks fungsional pendek dan deskriptif bergambar sangat  sederhana alam konteks sekitar peserta didik
4.  Menulis                    :     Menulis teks fungsional pendek sederhana dalam konteks sekitar peserta didik

Tema                            :     Public Places

Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Pokok
AW
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1. Memahami cerita lisan secara berterima dengan bantuan gambar
Siswa dapat 
- Mengulangi ucapan guru tentang tempat-tempat umum .
- Menuliskan tempat-tempat umum sesuai yang dideskripsikan
- Menunjukkan letak sebuah tempat pada sebuah peta kota
- Merespon secara interpersonal penggunaan preposial ON, AT, IN
Tempat-tempat umum (Pucture) Hospitalm Hotel, Supermarket, Bank, ect
8 JP




























2.1. Bercakap-cakap untuk meminta/ memberi jasa/ barang secara berterima yang melibatkan tindak tutur : meminta bantuan, memberi bantuan, meminta barang, dan memberi barang
- Menyebutkan tempat-tempat umum
- Menyebutkan fungsi tempat-tempat umum

Dialogue





























3.1. Memahami teks deskripsi bergambar sangat sederhana dalam konteks sekitar peserta didik
- Membaca wacana sederhana tentang tempat-tempat umum dengan Intonasi yang benar
- Menjawab pertanyaan dari bacaan
-  
Reading Materials





























4.1. Menulis teks fungsional pendek sangat sederhana secara berterima
-  Menemukan kata bermakna dari huruf acak yang diberikan
-  Mampu menemukan gagasan utuh dari kalimat acak yang diberikan
-  Membuat dialogue seder-hana tentang tempat-tempat umum































Uji Kompetensi
2JP




























Remedial
2JP




























Pengayaan
2JP




























Uji Kompetensi Akhir
2JP




























Mengetahui
Kepala Sekolah SD Negeri 001 Kasikan




H. Parius, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
Kasikan, ......................................
Guru Bahasa Inggris




Dwi Kurniawati, S. Pd. SD


No comments:

Post a Comment