Tuesday, January 8, 2019

RPP K 13 SD KELAS 2 TEMA 1 SUB TEMA 4 PEMBELAJARAN 5


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan       :  SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas / Semester           :  II (Dua) / 1
Tema                             :  Hidup Rukun
Sub Tema 4                   :  Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran               :  5
Fokus Pembelajaran    : Bahasa Indonesia, PPKn, PJOK
Alokasi Waktu              :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1  Merinci ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
3.1.1  menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah, penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
4.1.1  menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.


PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1 Menerima hubungan gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila Pancasila sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.

3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
3.1.1  menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
4.1.1  Menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di masyarakat.

PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
3.1.1  menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
4.1 Mempraktikkan variasi gerak dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
4.1.1  mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Sportif, Santun

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
·         Dengan diberikan contoh gerakan dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dengan benar.
·         Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·         Dengan diberikan teks tentang hidup rukun di masayarakat, siswa dapat menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
·         Dengan diberikan teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
·         Dengan diberikan cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasikan sikap yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat dengan benar.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
·         Menjelaskan gerak dasar melompat ke berbagai arah.
·         Mempraktikkan gerakan melompat dalam permainan.
·         Menemukan kalimat ajakan dan penolakan dalam teknis percakapan.
·         Menuliskan kalimat penolakan dalam teks cerita.
·         Menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
·         Menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di masyarakat.

E.     METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan  : Tematik dan Saintifik
·         Metode         :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
·         Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II, Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·         Teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat
·         Lapangan tempat bermain

G.     LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
Mengamati
Siswa mengamati gerakan-gerakan melompat di Buku Siswa.
Siswa mempersiapkan kegiatan berolahraga.
Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan.
Siswa mengamati gerakan yang diperagakan guru.
Guru memberi pertanyaan lisan mengenai gerakan melompat. (PJOK KD 3.1). Siswa membedakan gerakan melompat dan meloncat. Melompat adalah gerakan yang bertumpu pada satu, sedangkan meloncat gerakan yang bertumpu pada dua kaki)
Siswa meniru gerakan yang diperagakan guru. (Penilaian PJOK KD 4.1)
Siswa melakukan permainan gerakan melompat.
Siswa membaca teks percakapan tentang olahraga melompat.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa. (Penilaian Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1). (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Membaca
Siswa membaca teks berjudul Olahraga Bersama.
Siswa menyimpulkan isi teks.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan ajakan.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan penolakan.
Berlatih
Siswa membaca kembali teks berjudul Olahraga Bersama.
Siswa menuliskan kalimat penolakan berdasarkan teks.
Mencoba
Siswa menuliskan pengalamannya berolahraga bersama teman atau warga di sekitarnya.
Siswa menuliskan kalimat ajakan.
Siswa menuliskan kalimat menerima atau menolak ajakan tersebut.
Bila siswa menerima ajakan, tanyakan kepada siswa kapan ia menolak sesuatu.
Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. (Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Guru memberi mengingatkan kembali tentang isi teks bacaan Olahraga Bersama.
Di dalam teks tersebut terdapat contoh pengamalan sila ketiga Pancasila.
Siswa menunjukkan bagian teks yang merupakan contoh penerapan sila ketiga Pancasila.
Siswa menuliskan pengalaman sila ketiga Pancasila di masyarakat.
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang sesuai sila ketiga Pancasila.
Siswa menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila di masyarakat. (Penilaian PPKn KD 3.1 dan 4.1)
35 Menit X  30 JP
Penutup
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
15 menit

H.     PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tindak Lanjut
1





2





3






2.   Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian : 100
Penilaian :
Skor yang diperoleh
x 100
Skor maksimal
Panduan Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala 0-100)
Predikat
Klasifikasi
81-100
A
SB (sangat baik)
66-80
B
B (baik)
51-65
C
C (cukup)
0-50
D
K (kurang)

1)   PJOK
Rubrik Melakukan Gerakan sesuai Instruksi
No
Kriteria
Terlihat ()
Belum terlihat ()
1
Siswa mampu mengikuti instruksi.


2
Siswa terlibat aktif dalam melakukan gerakan.


3
Siswa mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya setelah melakukan gerakan.


Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah peduli dan sportif

2)   PPKn
Rubrik Bercerita Penerapan Sila Ketiga pada Pancasila (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Menyebutkan contoh perilaku sesuai dengan sila ketiga pada Pancasila, minimal 3 contoh
Semua contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
Dua contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
Satu contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
Belum bisa menyebutkan contoh penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
Kesesuaian isi cerita dengan penerapan sila ketiga pada Pancasila
Isi cerita sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila. Diceritakan tanpa bantuan guru.
Ada sebagian cerita yang belum sesuai. Diceritakan tanpa bantuan guru.
Ada sebagian cerita yang belum sesuai. Diceritakan dengan bantuan guru.
Cerita tidak sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.

3)   Bahasa Indonesia
Pengetahuan: Menyebutkan kalimat penolakan yang ada di dalam teks.
Kriteria
Skor
Dapat menyebutkan semua kalimat penolakan di dalam teks dengan benar, tanpa bantuan guru.
4
Ada kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, tanpa bantuan guru.
3
Ada kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, dengan bantuan guru.
2
Belum ada kalimat penolakan yang disebutkan dengan benar, dengan bantuan guru.
1

Rubrik Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
S k o r
4
3
2
1
Kalimat penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
Semua kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
Ada beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru.
Belum ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
Sikap yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001

Kasikan, ...............................
Guru Kelas II b



NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-

No comments:

Post a Comment