RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas /
Semester : II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 3
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan
sikap hidup rukun dengan benar.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 melatih kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
|
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.3.1 Melakukan penjumlahan dan pengurangan secara berurutan.
|
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
4.3.1 menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan
penjumlahan dengan benar.
|
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Mengenal pengolahan bahan
alam dan bahan buatan dalam berkarya
|
3.4.1 mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan
benar.
3.4.2 mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan
benar.
|
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
|
4.4.1 membuat karya hiasan dari bahan alami dengan
benar
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Percaya diri, Teliti
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat,
siswa dapat menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan
sikap hidup rukun dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar teks percakapan
tentang hidup rukun, siswa dapat melatih kalimat penolakan pada teks percakapan
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
·
Dengan diberikan tiga buah
bilangan, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
berkaitan penjumlahan dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari benda alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan
dengan bahan alami dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat
karya hiasan dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami
dengan benar
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Mengidentifikasikan teks bergambar
yang menunjukkan penolakan.
·
Menggunakan kalimat penolakan dalam
percakapan.
·
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan secara berurutan.
·
Mengidentifikasi cara membuat
hiasan dari bahan alami.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks atau gambar tentang hidup rukun di masyarakat
·
Kumpulan benda konkret, misalnya
kapur tulis
·
Karya hiasan
dari bahan alami
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Menulis
Siswa
mengamati gambar dan teks percakapan tentang kegiatan gotong
royong di lingkungan warga.
Siswa menunjukkan gambar adegan hidup rukun di masyarakat.
Siswa menunjukkan kalimat penolakan yang terdapat pada teks percakapan.
Siswa menyebutkan kata penolakan yang pernah diucapkan.
Siswa menuliskan kalimat penolakan
tersebut. Target minimal menyebutkan dan menuliskan 5 kalimat penolakan.
(Penilaian Bahasa Indonesia KD 3.1) Contoh: Tidak, terima kasih. Mohon maaf,
saya tidak bisa datang. Mohon maaf, saya tidak setuju. Terima kasih, saya
tidak suka makanan pedas. Kesempatan lain ya, sekarang saya
tidak bisa ikut.
Bermain Peran
Siswa
menulis teks percakapan tentang penolakan terhadap pemberian
sesuatu.
Siswa memperagakan teks
percakapan tersebut dengan temannya. (Penilaian Bahasa Indonesia, KD 4.1) Contoh
teks percakapan: Udin: “Maukah kamu roti ini?” Edo: “Tidak,
terima kasih. Saya sudah kenyang.”
Berlatih
Guru
memberi pengantar mengenai kegiatan gotong royong yang dilakukan
warga. Ibu-ibu di lingkungan warga menyiapkan banyak makanan untuk peserta
gotong royong.
Siswa berlatih mengenai permasalahan sehari-hari yang
dipecahkan dengan penjumlahan dan pengurangan.
Ada 95 kue bolu, 120 kue lemper. Dimakan oleh masyarakat
sebanyak 158 kue. Sisa kue = 95 + 120 – 158 = 57
Siswa mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada Buku
Siswa. (Penilaian Matematika KD 3.3)
Siswa menyimpulkan jawaban dari soal-soal yang sudah
dikerjakan.
-
Apakah ada jawaban yang sama?
Ya
-
Apakah urutan penjumlahan dan
pengurangan berpengaruh terhadap hasil operasi hitung? Ya
(Mandiri
: kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Berkreasi
Siswa
membuat karya kreasi dari biji-bijian. Pada pembelajaran 1
siswa sudah menempel biji-bijian pada gambar sederhana. Pada pembelajaran ini,
siswa membuat gambar yang lebih lengkap, misalnya bunga dengan batang dan
daunnya.
Siswa menyediakan bahan dan alat yang dibutuhkan.
Siswa membuat sketsa.
Siswa menyempurnakan sketsa menjadi gambar utuh.
Siswa menempel biji-bijian pada gambar tersebut sehingga
menjadi hiasan yang indah.
Kegiatan dapat dilanjutkan
pada pembelajaran berikutnya.
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi
Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) Bahasa
Indonesia
Rubrik
Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan
guru.
|
Belum
ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
Sikap yang
dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
2) SBDP
Rubrik
Penilaian Membaca Bilangan Sampai 999 (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Bahan
dan alat
|
Dapat menentukan semua bahan dan alat dengan
benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa bahan dan alat yang masih kurang, namun dapat menentukan tanpa
bantuan guru.
|
Ada
beberapa bahan dan alat yang masih kurang, walaupun dibantu oleh guru.
|
Tidak
dapat menentukan bahan dan alat yang digunakan dengan benar meskipun dibantu
oleh guru.
|
Komposisi
bentuk
|
Bentuk
sangat sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
kurang sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
tidak sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Warna
|
Warna
yang digunakan sangat sesuai dan variatif
|
Warna
yang digunakan sesuai dan variatif.
|
Warna
yang digunakan kurang sesuai dan kurang variatif.
|
Warna
yang digunakan tidak sesuai dan tidak variatif.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah tanggung jawab.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment