PROGRAM
TAHUNAN
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
Kompetensi Inti :
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
1.1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
|
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten dan teliti,
bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan
masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
2.3 Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat
dan karya teman dalam interaksi kelompok
maupun aktivitas sehari-hari.
|
|
|
3.1 Menerapkan operasi aljabar yang melibatkan bilangan rasional
|
Operasi Aljabar
|
10 JP
|
3.5 Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan
berurut, rumus fungsi, tabel, grafik, dan diagram
|
Fungsi
|
10 JP
|
3.4 Menentukan persamaan garis lurus dan
grafiknya
|
Persamaan Garis Lurus
|
15 JP
|
3.2 Menentukan
nilai variabel persamaan linear dua variabel dalam konteks nyata
4.1 Membuat dan menyelesaikan model matematika dari masalah nyata
yang berkaitan dengan persamaan linear dua variabel
|
Persamaan Linear Dua Variabel
|
20 JP
|
3.10
Menggunakan koordinat Cartesius dalam menjelaskan
posisi relatif benda terhadap acuan tertentu
|
Sistem Koordinat
|
10 JP
|
3.3 Menentukan nilai
persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
|
Persamaan Kuadrat
|
10 JP
|
3.12
Memahami konsep perbandingan dengan menggunakan tabel, grafik, dan persamaan
4.2
Menggunakan konsep
perbandingan untuk menyelesaikan masalah nyata dengan menggunakan tabel,
grafik, dan persamaan
4.4
Menyelesaikan
permasalahan dengan menaksir besaran yang tidak diketahui menggunakan grafik,
aljabar, dan aritmatika
|
Perbandingan
|
10 JP
|
3.8
Memahami Teorema
Pythagoras melalui alat peraga dan penyelidikan berbagai pola bilangan
4.3
Menggunakan pola dan
generalisasi untuk menyelesaikan masalah nyata
4.5
Menggunakan Teorema
Pythagoras untuk menyelesaikan berbagai masalah
|
Teorema Pythagoras
|
20 JP
|
3.6
Mengidentifikasi
unsur, keliling, dan luas dari lingkaran
3.7
Menentukan hubungan
sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
4.6
Menyelesaikan
permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang
busur, dan luas juring
|
Lingkaran
|
25 JP
|
3.9 Menentukan luas permukaan dan volume
kubus, balok, prisma, dan limas
3.11
Menaksir dan
menghitung luas permukaan dan volume bangun ruang yang tidak beraturan dengan
menerapkan geometri dasarnya
|
Bangun Ruang Sisi Datar
(kubus, balok, prisma, dan limas)
|
25
JP
|
3.14 Memahami teknik penyajian data
dua variabel menggunakan tabel, grafik batang, diagram lingkaran, dan grafik
garis dengan komputer serta menganalisis hubungan antar variabel
4.7
Mengumpulkan,
mengolah, menginterpretasi, dan menyajikan data hasil pengamatan dalam bentuk
tabel, diagram, dan grafik dari dua variabel serta mengidentifikasi hubungan
antar variabel
|
Statistika
|
10 JP
|
Mengetahui, Kasikan, Juli 2019
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran Matematika
M. Isa, S. Pd Misriadi, S.Pd
No comments:
Post a Comment