RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas /
Semester : II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 4
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menemukan kalimat penolakan yang terdapat dalam teks yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 menuliskan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
|
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.3.1 Melakukan penjumlahan dan pengurangan secara
tepat
|
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
4.3.1 menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan
dengan penjumlahan dan pengurangan dengan tepat.
|
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Mengenal pengolahan bahan
alam dan bahan buatan dalam berkarya
|
3.4.1 mengidentifikasi karya hiasan dari bahan alami dengan benar
|
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
|
4.4.1 membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Teliti, Kreatif
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan gambar dan teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat,
siswa dapat menemukan kalimat penolakan yang terdapat dalam teks yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·
Dengan diberikan gambar tentang
hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menuliskan kalimat penolakan yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami
dengan benar.
·
Dengan diberikan soal cerita, siswa
dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan
penjumlahan dan pengurangan dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Mengidentifikasikan kalimat
penolakan pada teks percakapan.
·
Menuliskan kalimat penolakan.
·
Membuat karya hiasan dari bahan
alami.
·
Menyelesaikan masalah dalam
kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan dan
pengurangan.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat
·
Contoh karya hiasan dari bahan
alami
·
Kumpulan benda konkret, misalnya
kapur tulis
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Menulis
Siswa
mengamati kembali gambar yang membuat teks percakapan penolakan.
(Kegiatan literasi)
Siswa menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat pada
gambar tersebut.
Siswa memilih gambar yang
berisi teks penolakan untuk diceritakan kembali dalam bentuk tulisan. Contoh:
Pak Dedi tidak bisa mengikuti kegiatan kerja bakti. Pak Dedi berkata, “Maaf,
saya tidak bisa ikut bekerja bakti karena ada keperluan
mendadak.”
Berkreasi
Siswa
melanjutkan kegiatan membuat kreasi dari biji-bijian.
Siswa memajang hiasan untuk dipamerkan di depan kelas.
Siswa mengatur meja sebagai tempat untuk memajang hasil
karya. Guru membimbing siswa dalam menyiapkan tempat.
Siswa mengatur hasil karya dengan rapi dan diberi nama. (Mandiri
: kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Siswa saling memberi tanggapan
terhadap hasil karya mereka. Penilaian SBDP (KD 3.1 dan 4.1)
Berlatih
Siswa
mengerjakan soal latihan yang terdapat pada Buku Siswa.
Soal latihan berupa soal
cerita campuran. (Penilaian KD 3.3 dan 4.3) Jawaban soal latihan: Jumlah kue
seluruhnya: 115 + 85 + 75 = 275 Sisa minuman gelas = 336 – 59 – 92 = 185 Jumlah
biji-bijian = 180 + 125 – 148 = 157 Kue ibu sekarang =115 – 75 + 50 = 90 Jumlah
penduduk dewasa dan anak-anak = 229 – 72+229 = 386
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) Bahasa
Indonesia
Pengetahuan:
Menyebutkan kalimat penolakan yang ada di dalam teks.
Kriteria
|
Skor
|
Dapat
menyebutkan semua kalimat penolakan di dalam teks dengan benar, tanpa bantuan
guru.
|
4
|
Ada
kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, tanpa bantuan guru.
|
3
|
Ada
kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, dengan bantuan guru.
|
2
|
Belum
ada kalimat penolakan yang disebutkan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
1
|
Rubrik
Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan
guru.
|
Belum
ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
2) SBdP
Rubrik
Unjuk Produk Membuat Karya Hiasan dari Biji-Bijian
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Bahan
dan alat
|
Dapat menentukan semua bahan dan alat dengan
benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa bahan dan alat yang masih kurang, namun dapat menentukan tanpa
bantuan guru.
|
Ada
beberapa bahan dan alat yang masih kurang, walaupun dibantu oleh guru.
|
Tidak
dapat menentukan bahan dan alat yang digunakan dengan benar meskipun dibantu
oleh guru.
|
Komposisi
bentuk
|
Bentuk
sangat sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
kurang sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
tidak sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Warna
|
Warna
yang digunakan sangat sesuai dan variatif
|
Warna
yang digunakan sesuai dan variatif.
|
Warna
yang digunakan kurang sesuai dan kurang variatif.
|
Warna
yang digunakan tidak sesuai dan tidak variatif.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah tanggung jawab.
3) Matematika
Melakukan
Operasi Pengurangan
Kriteria
|
Skor
|
Semua
masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
4
|
Setengah
atau lebih masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
3
|
Kurang
dari setengah masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
2
|
Belum
ada masalahan pengurangan yang diselesaikan dengan benar.
|
1
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment