RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas /
Semester : II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 5
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia, PPKn, PJOK
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan
perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di dalam teks cerita
yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup
rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang santun.
|
PPKn
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menerima hubungan gambar bintang,
rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas dan sila-sila
Pancasila sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa.
|
|
2.1 Bersikap bekerja sama,
disiplin, dan peduli sesuai sila-sila Pancasila dalam lambang negara ‘Garuda
Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.1 Mengidentifikasi hubungan
antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda
Pancasila.
|
3.1.1 menunjukkan perilaku di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga
Pancasila dengan benar.
|
4.1 Menjelaskan hubungan gambar pada
lambang negara dengan sila-sila Pancasila.
|
4.1.1 Menceritakan pengalaman menerapkan sila ketiga Pancasila
di masyarakat.
|
PJOK
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Memahami variasi gerak dasar
lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
3.1.1 menjelaskan prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai
dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
|
4.1 Mempraktikkan variasi gerak
dasar lokomotor sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional
|
4.1.1 mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan
sederhana dengan benar.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Sportif, Santun
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan contoh gerakan melompat dari guru, siswa dapat menjelaskan
prosedur gerakan melompat ke berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh gerakan
dari guru, siswa dapat mempraktikkan gerak melompat ke berbagai arah sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dengan benar.
·
Dengan diberikan teks tentang hidup
rukun di masyarakat, siswa dapat menyebutkan kalimat penolakan yang terdapat di
dalam teks cerita yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
·
Dengan diberikan teks tentang hidup
rukun di masayarakat, siswa dapat menggunakan kalimat penolakan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun dalam bentuk kalimat sederhana dengan bahasa yang
santun.
·
Dengan diberikan teks cerita
bergambar tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menunjukkan perilaku
di masyarakat yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
·
Dengan diberikan cerita bergambar
tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat mengidentifikasikan sikap yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila di masyarakat dengan benar.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Menjelaskan gerak dasar melompat ke
berbagai arah.
·
Mempraktikkan gerakan melompat
dalam permainan.
·
Menemukan kalimat ajakan dan
penolakan dalam teknis percakapan.
·
Menuliskan kalimat penolakan dalam
teks cerita.
·
Menunjukkan perilaku di masyarakat
yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.
·
Menceritakan pengalaman menerapkan
sila ketiga Pancasila di masyarakat.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks cerita bergambar tentang hidup rukun di masyarakat
·
Lapangan tempat bermain
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Mengamati
Siswa
mengamati gerakan-gerakan melompat di Buku Siswa.
Siswa mempersiapkan kegiatan berolahraga.
Sebelum berolahraga, lakukan pemanasan.
Siswa mengamati gerakan yang diperagakan guru.
Guru memberi pertanyaan lisan mengenai gerakan melompat.
(PJOK KD 3.1). Siswa membedakan gerakan melompat dan meloncat. Melompat adalah
gerakan yang bertumpu pada satu, sedangkan meloncat gerakan yang bertumpu
pada dua kaki)
Siswa meniru gerakan yang diperagakan guru. (Penilaian PJOK
KD 4.1)
Siswa melakukan permainan gerakan melompat.
Siswa membaca teks percakapan tentang olahraga melompat.
Siswa menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang ada di Buku Siswa. (Penilaian
Bahasa Indonesia, KD 3.1 dan KD 4.1).
(Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Membaca
Siswa
membaca teks berjudul Olahraga Bersama.
Siswa menyimpulkan isi teks.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan ajakan.
Siswa mencari kalimat yang menunjukkan penolakan.
Berlatih
Siswa
membaca kembali teks berjudul Olahraga Bersama.
Siswa menuliskan kalimat penolakan berdasarkan teks.
Mencoba
Siswa
menuliskan pengalamannya berolahraga bersama teman atau warga
di sekitarnya.
Siswa menuliskan kalimat ajakan.
Siswa menuliskan kalimat menerima atau menolak ajakan
tersebut.
Bila siswa menerima ajakan, tanyakan kepada siswa kapan ia
menolak sesuatu.
Siswa menuliskan kalimat penolakan tersebut. (Penilaian
Bahasa Indonesia KD 3.1 dan KD 4.1)
Guru memberi mengingatkan kembali tentang isi teks bacaan
Olahraga Bersama.
Di dalam teks tersebut terdapat contoh pengamalan sila
ketiga Pancasila.
Siswa menunjukkan bagian teks yang merupakan contoh
penerapan sila ketiga Pancasila.
Siswa menuliskan pengalaman sila ketiga Pancasila di
masyarakat.
Siswa mengisi tabel tentang sikap yang sesuai sila ketiga
Pancasila.
Siswa menceritakan pengalaman
menerapkan sila ketiga Pancasila di masyarakat. (Penilaian PPKn KD
3.1 dan 4.1)
|
35 Menit X 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar selama sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi
Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) PJOK
Rubrik
Melakukan Gerakan sesuai Instruksi
No
|
Kriteria
|
Terlihat ()
|
Belum terlihat ()
|
1
|
Siswa
mampu mengikuti instruksi.
|
|
|
2
|
Siswa
terlibat aktif dalam melakukan gerakan.
|
|
|
3
|
Siswa
mengungkapkan perasaan dan
pendapatnya
setelah melakukan gerakan.
|
|
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah peduli dan sportif
2) PPKn
Rubrik
Bercerita Penerapan Sila Ketiga pada Pancasila (KD 3.1 dan 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Menyebutkan
contoh perilaku sesuai dengan sila ketiga pada Pancasila, minimal 3 contoh
|
Semua
contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
|
Dua
contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
|
Satu
contoh penerapan sila pertama Pancasila disebutkan dengan benar.
|
Belum
bisa menyebutkan contoh penerapan sila pertama pada Pancasila dengan benar.
|
Kesesuaian
isi cerita dengan penerapan sila ketiga pada Pancasila
|
Isi
cerita sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila. Diceritakan tanpa
bantuan guru.
|
Ada
sebagian cerita yang belum sesuai. Diceritakan tanpa bantuan guru.
|
Ada
sebagian cerita yang belum sesuai. Diceritakan dengan bantuan guru.
|
Cerita
tidak sesuai dengan penerapan sila pertama pada Pancasila.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
3) Bahasa
Indonesia
Pengetahuan:
Menyebutkan kalimat penolakan yang ada di dalam teks.
Kriteria
|
Skor
|
Dapat
menyebutkan semua kalimat penolakan di dalam teks dengan benar, tanpa bantuan
guru.
|
4
|
Ada
kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, tanpa bantuan guru.
|
3
|
Ada
kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, dengan bantuan guru.
|
2
|
Belum
ada kalimat penolakan yang disebutkan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
1
|
Rubrik
Memperagakan Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan
guru.
|
Belum
ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment