RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
: SD NEGERI 001 KASIKAN
Kelas /
Semester : II (Dua) / 1
Tema : Hidup Rukun
Sub Tema 4 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 1
Fokus
Pembelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Alokasi Waktu : 1
x Pertemuan (6 x 35 menit)
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2 : Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun,
percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangga, dan negara.
KI 3 : Memahami pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya,
dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan
tempat bermain.
KI 4 : Menunjukkan keterampilan berfikir dan
bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif.
Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B. KOMPETENSI DASAR
(KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.1 Merinci ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau lagu yang menggambarkan sikap
hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan isi teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan
dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak dengan benar.
|
4.1 Menirukan ungkapan, ajakan, perintah,
penolakan dalam cerita atau lagu anak-anak dengan bahasa yang santun
|
4.1.1 menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag disimaknya
berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
|
Matematika
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3 Menjelaskan dan melakukan penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 999 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
3.3.1 melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan tepat.
3.3.2 melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan
tepat.
3.3.3 melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan
cara panjang dengan tepat.
3.3.4 melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan
cara pendek dengan tepat.
|
4.3 Menyelesaikan masalah penjumlahan dan
pengurangan bilangan yang melibatkan bilangan 999 dalam kehidupan sehari-hari
serta mengaitkan penjumlahan dan pengurangan
|
4.3.1 menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan tepat.
|
SBdP
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.4 Mengenal pengolahan bahan alam
dan bahan buatan dalam berkarya
|
3.4.1 mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan
benar.
3.4.2 mengidentifikasi bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan
dengan benar.
3.4.3 mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk
membuat karya hiasan dengan benar.
3.4.4 mengidentifkasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan
benar.
|
4.4 Membuat hiasan dari bahan alam dan buatan
|
4.4.1 membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar.
|
Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)
Teliti, Percaya Diri
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Dengan diberikan teks tentang hidup rukun, siswa dapat menyebutkan isi
teks cerita yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun
melalui kegiatan menyimak dengan benar.
·
Dengan diberikan teks tentang hidup
rukun, siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yag
disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan
dengan bahan alami dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami dan alat
untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan bahan
alami dan alat untuk membuat karya hiasan dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifkasi langkah-langkah membuat
karya hiasan dengan benar.
·
Dengan diberikan contoh karya
hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami
dengan benar.
·
Dengan diberikan kumpulan benda
konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan cara panjang dengan
tepat.
·
Dengan diberikan kumpulan benda
konkret, siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek
dengan tepat.
·
Dengan diberikan kumpulan benda
konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan
dengan cara panjang dengan tepat.
·
Dengan diberikan kumpulan benda
konkret, siswa dapat melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan
dengan cara pendek dengan tepat.
·
Dengan diberikan kumpulan benda
konkret, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari
berkaitan penjumlahan dengan tepat.
D. MATERI
PEMBELAJARAN
·
Menyebutkan isi teks cerita yang
berisi penolakan.
·
Menuliskan kalimat penolakan
·
Mengidentifikasi bahan dan alat
untuk membuat untuk membuat karya hiasan dari bahan alami.
·
Membuat sketsa gambar hiasan dari
bahan alami.
·
Melakukan penjumlahan dan
pengurangan dua bilangan cacah tiga angka.
E. METODE
PEMBELAJARAN
·
Pendekatan : Tematik dan Saintifik
·
Metode : Permainan/simulasi,
diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
F. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·
Buku Guru dan Buku Siswa, Kelas II,
Cetakan Ke-2 (Edisi Revisi), Tema 1 : Hidup
Rukun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta: 2017.
·
Teks cerita tentang hidup rukun
·
Gambar tentang hidup rukun
·
Kumpulan benda
konkret atau gambar kumpulan benda
·
Gambar hiasan dari bahan alami
G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing, dilanjutkan dengan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
(Religius: beriman dan bertaqwa)
Melakukan komunikasi
tentang kehadiran siswa. (Mandiri : kedisiplinan siswa)
Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak / dinamika dan lagu
yang relevan. (Gotong royong : melatih sikap kerjasama siswa)
Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali
kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Pengantar Subtema
Siswa
mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan
tempat tinggal. Siswa memperoleh pemahaman mengenai hidup rukun di
masyarakat. Guru juga dapat membawa gambar lain atau foto-foto yang
menggambarkan kegiatan gotong royong warga. (Kegiatan literasi)
Siswa menandai gambar-gambar di Buku Siswa yang menunjukkan kerukunan
di masyarakat. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang kegiatan seperti itu
yang pernah dilihatnya di lingkungan sekitar.
Siswa dipancing untuk
bercerita mengenai hal tersebut. Guru membimbing dengan pertanyaan agar
siswa mau bercerita.
Mengamati
Siswa
mendengarkan guru membaca teks berjudul Membuang Sampah di Tempat
Sampah.
Siswa mengamati kalimat yang menunjukkan kalimat ajakan.
Siswa menemukan kalimat ajakan yang terdapat pada teks.
Siswa mengulang kembali kalimat ajakan tersebut.
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa menyebutkan kalimat yang diucapkan Udin ketika menolak
ajakan Badu.
Siswa memberi contoh kejadian yang dialami ketika menolak
ajakan teman.
Siswa menuliskan kalimat penolakan pada tempat yang
tersedia.
Guru mengamati kemampuan siswa
dalam menemukan dan menyebutkan kalimat penolakan. (Bahasa Indonesia KD 3.1
dan KD 4.1) (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
Mengamati
Siswa
mengamati gambar percakapan Udin dan Badu.
Siswa mengurutkan gambar menjadi sebuah cerita.
Siswa menuliskan angka di samping gambar yang menunjukkan
urutan cerita.
Mengamati
Siswa
mengamati gambar prakarya hasil karya Udin, Edo, dan Siti.
Siswa memasangkan hasil prakarya tersebut dengan bahan dan
alat yang sesuai.
Siswa menuliskan bahan dan
alat yang digunakan untuk membuat setiap prakarya tersebut.
Berkreasi
Pada
subtema ini, siswa akan membuat prakarya dari biji-bijian. Pembuatan
prakarya ini akan dilakukan pada Pembelajaran 1, 3, dan 4. Pada Pembelajaran
1 ini siswa diperkenalkan mengenai alat, bahan, dan cara membuat prakarya.
Siswa membuat hiasan dengan biji-bijian.
Siswa menyiapkan bahan dan alat untuk membuat kreasi.
-
Bahan: lem, biji kacang hijau
-
Alat: kertas karton putih,
pensil, penghapus, lem
Siswa mengikuti langkah-langkah kegiatan:
-
membuat sketsa
-
menyempurnakan sketsa
-
menempelkan biji kacang hijau
sesuai gambar
Kegiatan ini diawali dengan berlatih menempel biji kacang
hijau pada gambar tunggal, misalnya lingkaran atau kotak.
Pada pembelajaran berikut akan
dilanjutkan membuat gambar yang lebih lengkap dan biji-bijian yang beraneka
ragam. (Penilaian SBdP KD 3.4 dan 4.4)
Berlatih
Guru
memberi pengantar mengenai prakarya yang dibuat oleh Udin berasal
dari biji-bijian.
Siswa menuliskan bilangan tiga angka yang ditunjukkan oleh
gambar kubus satuan.
Siswa berlatih menghitung selisih biji-bijian yang digunakan
dengan operasi pengurangan.
Siswa berlatih menentukan jumlah dan selisih bilangan.
(Penilaian Matematika KD 3.3)
Siswa mengerjakan latihan yang
ada di Buku Siswa. (Mandiri : kerja keras, kreatif, disiplin, rajin belajar)
|
35 Menit x 30 JP
|
Penutup
|
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama
sehari
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
Melakukan penilaian hasil belajar
Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan
masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
|
15 menit
|
H. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Penilaian Sikap
No
|
Tanggal
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan Dan Keterampilan
Skor penilaian
: 100
Penilaian :
|
Skor yang
diperoleh
|
x 100
|
Skor maksimal
|
Panduan
Konversi Nilai :
Konversi
Nilai
(skala
0-100)
|
Predikat
|
Klasifikasi
|
81-100
|
A
|
SB (sangat baik)
|
66-80
|
B
|
B (baik)
|
51-65
|
C
|
C (cukup)
|
0-50
|
D
|
K (kurang)
|
1) Bahasa
Indonesia
Pengetahuan:
Menyebutkan kalimat penolakan yang ada di dalam teks.
Kriteria
|
Skor
|
Dapat
menyebutkan semua kalimat penolakan di dalam teks dengan benar, tanpa bantuan
guru.
|
4
|
Ada
kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, tanpa bantuan guru.
|
3
|
Ada
kalimat penolakan yang disebutkan belum benar, dengan bantuan guru.
|
2
|
Belum
ada kalimat penolakan yang disebutkan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
1
|
Rubrik
Menulis Kalimat Penolakan dengan Benar (KD 4.1)
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Kalimat
penolakan diperagakan dengan memerhatikan lafal dan intonasi yang tepat.
|
Semua
kalimat penolakan diperagakan dengan benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa kalimat penolakan yang diperagakan kurang benar, dengan bantuan guru.
|
Belum
ada kalimat penolakan yang diperagakan dengan benar, dengan bantuan guru.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah percaya diri.
2) SBdP
Rubrik
Unjuk Produk Membuat Karya Hiasan dari Biji-Bijian
Aspek/Kriteria
|
S k o r
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|
Bahan
dan alat
|
Dapat menentukan semua bahan dan alat dengan benar,
tanpa bantuan guru.
|
Ada
beberapa bahan dan alat yang masih kurang, namun dapat menentukan tanpa
bantuan guru.
|
Ada
beberapa bahan dan alat yang masih kurang, walaupun dibantu oleh guru.
|
Tidak
dapat menentukan bahan dan alat yang digunakan dengan benar meskipun dibantu
oleh guru.
|
Komposisi
bentuk
|
Bentuk
sangat sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
kurang sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Bentuk
tidak sesuai dengan pola yang dibuat.
|
Warna
|
Warna
yang digunakan sangat sesuai dan variatif
|
Warna
yang digunakan sesuai dan variatif.
|
Warna
yang digunakan kurang sesuai dan kurang variatif.
|
Warna
yang digunakan tidak sesuai dan tidak variatif.
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah tanggung jawab.
3) Matematika
Melakukan
Operasi Pengurangan
Kriteria
|
Skor
|
Semua
masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
4
|
Setengah
atau lebih masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
3
|
Kurang
dari setengah masalah pengurangan diselesaikan dengan benar.
|
2
|
Belum
ada masalahan pengurangan yang diselesaikan dengan benar.
|
1
|
Sikap
yang dapat diamati dan dikembangkan adalah teliti.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
H. PARIUS, S. Pd
NIP. 19650818 198804 1 001
|
|
Kasikan,
...............................
Guru Kelas II b
NOVI YULIARNIS, S. PD
NIP.-
|
No comments:
Post a Comment