![]() |
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
REVISI 2017
(Disusun Berdasarkan Permendikbud Nomor: 22 Tahun
2016)
|
Satuan Pendidikan : SD
Negeri 001 Kasikan
Kelas / Semester :
IV (Empat) / 1
Tema 2 :
Selalu Berhemat Energi
Sub Tema 1 : Sumber Energi
Pembelajaran : 2
Alokasi Waktu : 1 Hari
A. KOMPETENSI
INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR (KD)
PPKn
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
1.2 Menerima hak dan kewajiban sebagai
amanah warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
2.2
Menerima hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari.
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Bekerjasama melaksanakan hak dan kewajiban sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator :
3.2.1 Memberikan contoh hak dan kewajiban dalam
kehidupan masyarakat.
4.2.1 Menjelaskan perbedaan hak dan kewajiban dalam
kehidupan masyarakat.
SBdP
3.2 Memahami tanda tempo dan tinggi rendah nada.
4.2 Menampilkan tempo lambat, sedang dan cepat melalui
lagu.
Indikator:
3.2.1 Mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks
lagu “Menanam jagung”.
4.2.1 Menyanyikan notasi lagu “Menanam jagung” Sesuai tinggi rendah nada.
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati teks lagu, siswa mampu
mengidentifikasi tinggi rendah nada dari teks lagu “Menanam jagung” dengan
benar.
2. Setelah mendengarkan contoh, siswa mampu menyanyikan
notasi lagu “Menanam jagung” Sesuai tinggi rendah nada dengan aba-aba ketukan
dari guru dengan benar.
3. Setelah berdiskusi, siswa mampu memberikan contoh hak
dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan perbedaan hak
dan kewajiban dalam kehidupan masyarakat dengan benar.
v
Karakter siswa yang diharapkan :
Ø PPKn dan
SBdP :
Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
¡ Guru memberikan salam dan
mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing. Religius
¡
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar
kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
¡
Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Selalu Berhemat
Energi”.
¡ Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
10 menit
|
Inti
|
§ Siswa mengamati notasi angka lagu “Menanam Jagung". Guru menyanyikan
notasi lagu tersebut dan siswa mendengarkan. (Mengamati)
§ Siswa mengidentifikasi tinggi rendah nada berdasarkan notasi yang ada. Critical Thinking
and Problem Solving
§ Guru menjelaskan konsep tinggi rendah nada. Communication
§ Guru mempraktikkan urutan nada dan siswa menirukan bersama-sama.
§ Siswa menandai bagian-bagian yang merupakan nada tinggi dan nada rendah. Mandiri
§ Guru dan siswa menyanyikan notasi bersama-sama dengan ketukan dari guru. Integritas
§ Siswa dibagi dalam kelompok. Collaboration Setiap
kelompok dipilih pemimpin. Dalam kelompoknya siswa menyanyikan notasi lagu
sesuai dengan tinggi rendah. Pemimpin yang dipilih akan memberikan aba-aba
dengan ketukan. (Mengekplorasi)
§ Setiap kelompok maju ke depan untuk menyanyikan notasi dengan ketukan
dari guru. Kelompok lain memberikan komentar. Gotong Royong
§ Siswa yang masih kesulitan bisa berlatih lagi di rumah. Guru bisa meminta
bantuan siswa lain untuk mendampingi.
§ Guru membawa air keruh dan air bersih ke dalam kelas. Guru menanyakan
manfaat air bersih bagi kehidupan. Siswa menjawab dengan menunjuk tangan.
Guru menanyakan kembali. (Menanya)
§ Siswa menjawab secara bergantian. Guru menyampaikan bahwa dalam kehidupan
masyarakat terdapat hak dan kewajiban. Communication
§ Siswa mengamati gambar yang ada di buku siswa.
§ Siswa menjawab pertanyaan. Siswa menukarkan jawaban dengan temannya. Mandiri
§ Beberapa siswa menyampaikan pendapatnya. Guru memberikan kesimpulan
secara klasikal. Communication
§ Secara individu siswa menuliskan perbedaan hak dan kewajiban. Mandiri
Penilaian 2
Hal-hal yang perlu
ditulis oleh siswa adalah:
1. Arti hak
2. Arti kewajiban
3. Contoh hak dan
kewajiban
4. Pentingnya
mendapatkan hak
5. Pentingnya
melaksanakan kewajiban
|
35 Menit X 30
JP
|
Penutup
|
¡ Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
¡ Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
¡ Guru memberi kesempatan kepada
siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
¡ Melakukan penilaian hasil
belajar
¡ Mengajak semua siswa berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
pembelajaran) Religius
|
15 menit
|
E. SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
§ Buku Pedoman
Guru Tema : Selalu Berhemat Energi
Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Buku Siswa
Tema : Selalu Berhemat Energi Kelas 4
(Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Rev 2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan, 2013 Rev 2017).
§ Teks lagu ”Menanam jagung”, air.
Mengetahui
Kepala SD
Negeri 001 Kasikan
H.
Parius, S.Pd.
NIP. 19650818 18804 1 001
|
Kasikan, ...........................................
Guru Kelas
IV a
Desmirowita,
S.Pd.
NIP. 19820619 200701 2 001
|
Lampiran 1
F. MATERI
PEMBELAJARAN
§ Menemukan pentingnya menghemat air bersih
§ Menyimpulkan cara melakukan penaksiran(+,-) bilangan
cacah
§ Menyanyi lagu “Menanam Jagung”

G. METODE PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah
Lampiran
2
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Perubanan tingkah laku
|
|||||||||||
Santun
|
Peduli
|
Tanggung Jawab
|
|||||||||||
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
K
|
C
|
B
|
SB
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
……………..
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
K (Kurang) : 1, C (Cukup) : 2, B (Baik) : 3, SB (Sangat Baik)
: 4
1. SBdP : Menyanyikan notasi lagu Menanam jagung dengan tinggi rendah nada.
Kriteria
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. PPKn-perbedaan Hak dan Kewajiban
Kriteria
|
Sangat Baik
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Pendampinga
(1)
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
|
|
|
|
|
Catatan:
Penilaian (penskoran) dapat dilihat pada contoh di Pembelajaran 1.
No comments:
Post a Comment